WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Saturday, September 15, 2012

Books "THE LAST POPE"



Judul Asli : THE LAST POPE
Copyright © 2006 by Luís Miguel Rocha
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Fahmy Yamani
Desain Sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : Juli 2011 ; 352 hlm  

[ Period : 1907 – 2006 | Setting between Portugal, Spain, Argentina, Venetia, Vatican City, London, New York ]

~ THE FIRST ~ [ source ]
~ The Beginning ~
[ source ]
Vatican City, 29 September 1978, dini hari ...
[ 4.30 ] Suster Vincenza melakukan tugas harian, mengantarkan minuman kopi kepada Don Albino Luciani atau yang dikenal sebagai Paus Yohanes Paulus I, meletakkan baki di depan pintu kamar beliau setelah mengetuk tak mendapat jawaban.
[ 4.40 ] Sersan Hans Roggan – kepala keamanan Swiss Guard, bangkit berkeliling karena tak bisa tidur, melihat bahwa lampu kamar Paus telah menyala, sebagaimana ia ketahui dari pengamatan para penjaga, lampu itu menyala sepanjang malam.
[ 4.45 ] Suster Vincenza kembali membawa obat-obatan bagi Don Albino, mendapati bahwa baki serta minuman tak tersentuh di depan kamar. Khawatir dengan sesuatu yang diluar kebiasaan selama 20 tahun ia melayani beliau, Suster Vincenza memasuki kamar dan mendapati bahwa Paus Yohanes Paulus I telah tewas dalam kondisi aneh, duduk di tempat tidurnya dengan mata terbuka. Suster Vincenza dalam kesedihan serta panik, bergegas membangunkan Bapa Diego Lorenzi – asisten pribadi Don Albino. 

[ source ]
Fakta yang dikeluarkan secara resmi oleh Gereja, bahwa Paus Yohanes Paulus I telah tewas karena serangan jantung di kamarnya pada sekitar pukul 23.30 pada tanggal 28 September 1978, jenazah beliau ditemukan oleh Bapa John Magee – sekretaris Don Albino pada pukul 5.30 pagi. Dalam waktu kurang dari 12 jam, jenazah beliau telah dibalsem tanpa diperkenankan diautopsi.  

~ Problems ~
Vatican City, 2006
Monsignor Valdemar Firenzi menemukan sesuatu di Arsip Rahasia Vatican, sesuatu yang membuatnya harus mengirim pesan serta dokumen rahasia kepada orang-orang yang dipercayainya. Kepada Pastur Felipe Aragón di Madrid, Spanyol, Pastur Pablo Rincón di Buenos Aires, Argentina dan kepada Sarah Monteiro di London, Inggris Namun musuh telah mengantisipasi hal tersebut. Kardinal Firenzi diculik dan tewas ditembak setelah disiksa, Pastur Aragón meninggal akibat serangan jantung seelah menerima pesan, dan Pastur Pablo terbunuh di dalam gerejanya. Tinggal Sarah Monteiro – seorang jurnalis yang tak mengetahui duduk permasalahan karena sedang berlibur ke Portugal. 

[ source ]
London, Inggris, 2006
Sarah Monteiro baru pulang berlibur di tempat orangtuanya di Portugal. Kembali ke rumahnya di Belgrave  Road, saat memeriksa surat-surat dan paket yang terkirim, salah satunya berisi sesuatu yang aneh. Daftar nama serta tabel-tabel, dengan kode angka dan sandi, dan tercantum nama ayahnya Raul Brandão Monteiro. Belum sempat ia berbicara panjang lebar dengan ayahnya via telepone, saat seseorang berusaha memasuki rumahnya. Terjebak dan sadar akan bahaya yang mengancam dirinya, Sarah segera melarikan diri, menuju suatu tempat yang disampaikan oleh ayahnya lewat sebuah sandi, disana Sarah akan bertemu dengan penolong yang disebut Rafael.  

~ Conflicts ~
Sarah harus memutar otak, melarikan diri dari para pemburu yang tak segan-segan melukai atau menembak mati dirinya, ia berusaha mencari jalan keluar dan menyelidiki apa penyebab dirinya menjadi sasaran. Perjumpaan dengan sosok Rafael yang tak terduga, membawa dirinya pada suatu peristiwa aneh yang terjadi beberapa tahun silam. Daftar yang ia terima adalah paket yang dikirim oleh Kardinal Firenzi tepat sebelum ia diculik. 

[ source ]
Daftar yang berisi nama-nama anggota P2 atau yang dikenal sebagai Propande Due Masonic Italia – organisasi yang semula berasal dari Grande Oriente Italia yang didirikan pada tahun 1877. Namun semenjak dipimpin oleh Licio Gelli pada tahun 1976, maka P2 adalah perkumpulan eksklusif  kelompok  Mason Itali yang berusaha mengendalikan ekonomi, keuangan, politik, keagamaan, militer. P2 juga dicurigai berada di belakang peristiwa tewasnya Paus Yohanes Paulus I – paus terpilih yang hanya menjabat selama 33 hari sebelum beliau tewas.  

[ source ]
Sarah dan Rafael – yang ternyata merupakan agen ganda, yang sengaja menyusup dalam organisasi P2, berlomba dengan waktu guna menemukan ‘kunci rahasia’ yang terdapat dalam sandi surat diantara dokumen tersebut. Karena musuh yang didukung oleh CIA (Badan Intelijen Amerika) dengan mudah melacak serta menyergap mereka di mana pun dan kapan saja. Tidak jelas siapa kawan dan siapa lawan, yang jelas status mereka ditandai sebagai pihak-pihak yang dicari oleh yang berwajib, cukup menyulitkan pergerakkan. Untung saja Rafael memiliki pengetahuan dan pengalaman sebagai ‘mantan’ anggota P2 (apalagi sebelumnya ia termasuk tokoh penting dalam P2). Akan tetapi mampukah mereka melawan suatu kekuatan yang telah terbentuk sekian lamanya, bertahun-tahun bergerak dibelakang layar, memanipulasi berbagai kejadian serta menghilangkan jejak atau melenyapkan orang-orang yang dianggap mengganggu pergerakan mereka ....

[ source ]
Kisah ini sudah sangat menarik semenjak awal. Tentang suatu konspirasi besar yang melibat para pejabat tinggi, konspirasi pembunuhan Don Albino Luciani – Paus Yohanes Paulus I, paus terpilih yang terkenal sangat berani dan inovatif dalam membentuk Gereja yang baru, sehingga dalam masa jabatan 33 hari beliau telah membuat gelisah, ketakutan, hingga amarah berbagai pihak yang telah dianggap menyelewengkan Gereja. Berkaitan dengan riwayat hidup Don Albino Luciani – sosok sederhana, pemalu, tak pernah menonjolkan diri namun memiliki sepak terjang yang berani dalam karirnya. Dimulai dari semasa beliau menjabat sebagai Uskup Venesia, perjumpaannya dengan Suster Lucía – salah satu dari ketiga kanak-kanak yang menerima penampakan dari Perawan Maria, pertemuan pada 11 Juli 1977 di Biara Santa Teresa yang menyingkap tentang rahasia ketiga pesan Perawan Maria kepada umatNya. 

"Dan, untukmu, patriarkku terkasih, 
Mahkota Kristus dan hari-hari Kristus."
[ Suster Lucía kepada Albino Luciani, Coimbra, Biara Santa Teresa, Portugal, 11 Juli 1977 ]
~ Jacinta, Lucia & Francisco ~ [ source ]

Ditambah dengan penuturan penulis bahwa kisah yang ditulis ini merupakan fakta yang dibuat menjadi sebuah fiksi, atas permintaan sosok yang dikenal sebagai J.C. – orang yang bertanggung jawab atas kematian Paus Yohanes Paulus I. Terlepas dari isu kontroversial, apakah kisah ini mengungkap suatu kebenaran atau hanya merupakan publisitas semata, tidak dapat disangkal bahwa banyak kecocokan di sana sini dengan berbagai kejanggalan yang terjadi pada peristiwa 29 September 1978 itu. Bahkan tokoh-tokoh terkemuka yang berperan dalam kisah konspirasi ini, di kemudian hari memang terbukti bersalah atas penyelewengan serta korupsi besar-besaran mengatas-namakan Gereja serta pemerintahan Vatican City. 

[ source ]
Tentang Penulis :
Luís Miguel Rocha lahir di Porto, Portugal (1976), namun dibesarkan di Viana do Castelo – sebuah kota di wilayah utara Porto. Setelah menyelesaikan buku pertamanya The Last Pope yang rilis pada tahun 2006, beliau bekerja sebagai produser dan penulis televisi di London, Inggris. Menyusul kesuksesan novel pertama, beliau meluncurkan buku kedua pada 20 Agustus 2009 yang berjudul The Holy Assasin (The Holy Bullet). Buku ketiga yang berjudul The Pope’s Assasin telah rilis pada 31 Maret 2011. Selain itu ada beberapa novel yang belum diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang penulis dan karya-karyanya silahkan berkunjung ke situs resminya di http://luismiguelrocha.com/
 
Fakta Pendukung :
[ source ]
Lucía de Jesús dos Santos, lahir pada tanggal 22 Maret 1907 di Aljusterl, Portugal. Dia bersama dengan Jacinta dan Francisco adalah anak-anak penggembala yang melihat penampakan Perawan Suci Maria dan menerima tiga rahasia yang harus diungkapkan pada dunia. Setelah kematian Jacinta dan Francisco akibat wabah penyakit flu, maka ia satu-satunya saksi yang mengetahui rahasia ketiga yang belum diungkapkan kepada dunia. Gereja yang berperan dalam mengendalikan Suster Lucía bahkan menyebarkan ramalan palsu yang diberitakan kepada umat manusia, sehingga rahasia ketiga masih menjadi misteri bagi khalaya umum. Pertemuan antara Suster Lucía dengan Uskup Agung Venesia Albino Luciani pada tanggal 11 Juli 1977 di Biara Santa Teresa, dikabarkan mengungkap misteri rahasia ketiga itu. 
[ more about Sister Lucía of Fatima ]

[ source ]
Albino Luciani, lahir pada tanggal 17 Oktober 1912 di Canale d’Agordo, meniti karir dengan keyakinan teguh menyebar ajaran Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Beliau digambarkan sebagai seorang yang pemalu, tidak suka menonjolkan diri, namun tak pernah lari dari tanggung jawab dan dengan serius menjalankan kewajibannya. Tanpa banyak berbicara, pretasi dah hasil kerjanya mendapat perhatian para petinggi sehingga karirnya menanjak berkat rekomendasi tertinggi. Saat kematian Paus Paulus VI pada tanggal 6 Agustus 1978, menyusul konklaf – pemilihan paus baru pada tanggal 26 Agustus 1978, dari 111 Kardinal, Uskup Venesia Albino Luciani yang tak menonjolkan diri dan tak dikenal, justru memperoleh suara terbanyak dan menjadikannya Paus terpilih. Keberaniannya tampak saat diminta menyebutkan nama yang akan digunakan, beliau memilih dua nama alih-alih satu nama yang merupakan tradisi selama 200 tahun. Maka Paus Yohanes Paulus I menjadi paus yang siap merenovasi struktur serta tradisi Gereja yang bobrok, menuju dunia yang baru, dunia yang damai dan sesuai dengan ajaran Kristus. Namun sebagaimana telah diramalkan, beliau tak berumur panjang karena keberaniannya. 
[ more about Pope John Paul I ]

Best Regards, 

2 comments :

  1. Jadi kebanyakan memang berdasar fakta yg terungkap dari JC itu ya? (kayak merk air mineral ya, wkwkwk..). Tadinya mau baca khawatir di-twist kayak Da Vinci Code, yg bikin ilfil. Kapan2 coba baca deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya memang dari kenyataan dan fakta-fakta yang dikumpulkan si penulis, klo ini beneran berarti rahasia ketiga dari fatima sdh terungkap :D

      Delete