WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Saturday, September 15, 2012

Books "OF MICE & MEN"



Judul Asli : OF MICE AND MEN
Copyright © 1937 by John Steinbeck ; © renewed 1965
Penerbit : Ufuk
Alih Bahasa : Isma B. Koesalamwardi
Editor : Husein
 Cover by Iksaka Banu & Ufukkreatif Design
Cetakan I : Desember 2009 ;  240 hlm

[ source ]
George Milton dan Lennie Small bukan saudara maupun kerabat. Namun mereka senantiasa bersama-sama. Atau lebih tepatnya, George harus memperhatikan dan mengurus Lennie hampir sepanjang hari. Karena meskipun bertubuh besar dan memiliki kekuatan yang luar biasa, Lennie tak mampu berpikir layaknya orang dewasa. Ia sering melupakan sesuatu, tak mampu menahan diri terutama jika sedang emosi, ia hanya bisa berpikir seperti seorang anak kecil. Keterbelakangan-mental yang terjadi pada Lennie seringkali membuatnya berada posisi yang tidak menguntungkan, terutama pada masa Depresi saat itu di Amerika. 

Akibat kesalahan Lennie yang membuatnya nyaris menjadi korban digantung oleh penduduk di kota, hingga George sekali lagi harus menyelamatkannya, yang berarti mereka harus melarikan diri dari kota Weed, California, dan kini menuju kota Soledad, sekitar 40km dari kota Salinas, California. George sangat marah karena Lennie tak pernah bisa mengingat bahkan memahami nasehat termasuk perintahnya. Ia kesulitan harus terus berpindah-pindah lokasi pekerjaan dan tempat tinggal karena Lennie selalu membuat masalah. Namun untuk meninggalkannya seorang diri, George masih tidak tega, karena Lennie sebatang kara.

[ source ]
Tiba di Soledad, kondisi peternakan tempat mereka akan bekerja terlihat menjanjikan. Namun belum sempat mereka berdua memulai, timbul sedikit ketegangan karena putra pemilik peternakan Curley, tidak suka dengan keberadaan Lennie yang bertubuh besar. Curley suka bertanding tinju demi mengatasi rasa inferior karena bertubuh kecil, dan membenci semua orang yang bertubuh lebih besar darinya. Permasalahan lain muncul dari istri Curley – wanita muda yang memperoleh cap nakal dari para pekerja peternakan karena kegemarannya berkeliaran menemui para pekerja.  George yang mampu melihat berbagai sumber masalah, memperingatkan Lennie dengan keras untuk tidak mendekati Curley maupun istrinya. 

Kisah ini berlatar belakang saat kondisi sosial ekonomi di Amerika sedang terpuruk. Depresi berkepanjangan  terjadi, menimbulkan berbagai reaksi dalam masyarakat. Namun yang paling tampak adalah semakin membengkaknya angka kemiskinan disusul dengan angka kejahatan yang terjadi. Lewat karakter Lennie yang menderita keterbelakangan mental kita terbentur antara iba melihat kondisinya dan bersedia menolongnya, atau justru sebaliknya merasa sosok ini menjadi beban semata --- dan ini dengan jelas digambarkan melalui tokoh George, yang juga terbentur antara dua kepentingan yang berbeda jika menyangkut masalah Lennie. 

[ source ]
Penulis dengan jeli mengungkapkan bagaimana pandangan masyarakat Amerika pada masa itu. Penuh dengan pandangan rasialis, bukan saja perbedaan antara kaum berkulit hitam dan kulit putih, bahkan timbul perbedaan derajat karena status sosial yang terjadi bukan saja antara kaum berada dengan kaum miskin, tetapi juga diantara kaum menengah ke bawah. Atasan dan bawahan, mandor dengan tukang bersih-bersih, dan orang-orang tua, orang-orang cacat fisik juga mental berada pada posisi terbawah. Apalagi jika Anda berkesempatan membaca edisi aslinya (yang kubaca adalah versi terjemahan yang lumayan halus), maka ungkapan serta dialog yang ‘kasar’ penuh dengan hinaan mencerminkan bagaimana kondisi saat itu. 

Dan ini salah satu alasan mengapa buku ini disebut-sebut sebagai tulisan penuh kontroversi, apalagi setelah direkomendasikan sebagai bacaan wajib bagi para pelajar dengan tujuan membuka pikiran akan perbedaan status serta derajat, bagaimana memandang seberapa besar ‘harga’ seorang manusia dan makhluk hidup lain. Apakah dibenarkan menghilangkan nyawa makhluk hidup lain demi rasa kemanusiaan ? Yang mana akan berbuntut pada perdebatan akan topik ‘euthanasia’ or ‘mercy-killing’ ... 

[ source ]
Efek lain dari kisah ini, sosok Lennie yang digambarkan sebagai manusia dengan keterbelakangan-mental justru dimanfaatkan oleh beberapa lembaga peradilan untuk memberikan hukuman mati pada terdakwa yang dinilai lebih cerdas daripada Lennie, dan sebaliknya jika terdakwa kondisinya mirip atau lebih parah daripada kondisi Lennie, maka ia akan dibebaskan dan dimasukan dalam institusi kejiwaan, sungguh sangat ironis dan keduanya bukanlah pilihan terbaik. 

Antara pro dan kontra terhadap topik-topik tersebut, kisah ini mampu menggelitik diriku, sebuah kisah yang terlihat sederhana, namun dibalik itu semua konflik yang jauh lebih besar terjadi di mana pun. Membuatku teringat akan kisah klasik Pride & Prejudice karya Jane Austen, dimana kedua hal itu membuat hidup seseorang berubah, nah bagaimana jika prasangka-prasangka buruk itu merenggut nyawa seseorang ? 

Tentang Penulis :
[ source ]
John Ernst Steinbeck, Jr.  ( 27 Pebruari 1902 – 20 Desember 1968 ) lahir di Salinas, California dan melalui masa remajanya di sebuah lembah perkebunan yang subur sekitar 25 mil dari Pantai Pasifik – yang menjadi latar belakang sebagian besar karya fiksinya. 

[ source ]
Beliau menjalani pendidikan di fakultas sastra dan kursus mengarang di Universitas Stanford pada tahun 1919, namun akhirnya ‘drop-out’ pada tahun 1925. Lima tahun berikutnya beliau bekerja sebagai seorang buruh dan wartawan di New York City, dan menghasilkan novel pertamanya “Cup of Gold’ (1929)

Karya-karyanya yang terkenal dan membuat dirinya memperoleh penghargaan Putlizer Prize (1940) atas The Grapes of Wrath (1939), East of Eden (1952) serta Of Mice and Men (1937). Dan pada tahun 1962, beliau menerima penghargaan Nobel Prize for Literature, atas karya-karyanya, sekitar 27 buku, 16 novel, 6 non-fiksi dan 5 kumpulan cerita pendek.  

Beberapa dari karya-karyanya telah diadaptasi sebagai kisah drama maupun film layar lebar. Kisah Of Mice and Men sendiri pertama kali rilis pada 30 Desember 1939, dibintangi oleh Burgess Meredith, Betty Field, Lon Channey Jr, Charles Bickford. Kemudian produksi terbaru pada 22 Oktober 1992 dibintangi Gary Sinise dan John Malkovich

~ Of Mice & Men starring Gary Sinise & John Malkovich ~ [ source ]

Best Regards,

4 comments :

  1. Replies
    1. Bagus kok, malah terlalu 'halus' menurutku, soalnya buku ini masuk list banned-book gara-gara kata-kata serta kalimat yang kasar banget

      Delete
  2. oh,,trnyata penulisnya tinggal di California juga..maksih ya infonya...soalnya lagi tugas analisis novel of mice and min nih.. :)

    ReplyDelete