WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Thursday, September 13, 2012

Books "BREAKFAST AT TIFFANY'S"



Judul Asli : BREAKFAST AT TIFFANY’S
Copyright © Truman Capote, 1958
Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta
Alih Bahasa : Berliani M. Nugrahani
Editor : Anton Kurnia & Daniel Sahuleka
Cover by Altha Rivan
Cetakan III : Juni 2009 , 164 hlm

[ "Resensi buku ini dibuat dalam rangka ikut berpartisipasi dalam Lomba Resensi Buku ReadingWalk.com" | source from Reading Walk's Library ]

[ source ]
Miss Holiday ‘Holly’  Golightly, seorang wanita muda, cantik, menarik, suka bersikap seenaknya namun tetap mengundang kekaguman para pria segala usia. Ia hidup seorang diri, namun tak pernah terlihat kesepian karena senantiasa dikerumuni oleh para penggemarnya. Pesta hingga dini hari selalu meramaikan apartemennya, meski mendapat protes keras dari Madame Sapphia Spanella, hingga beliau mengedarkan petisi untuk mengusir Holly dari bangunan apartemen itu.

Dari sekian banyak pengagum, ada seorang calon penulis, yang baru pindah di gedung yang sama. Ia suka mengamati Holly, hingga suatu hari terjadi perkenalan dan mereka menjadi teman (walau dalam hati kecil ia mengharapkan hubungan yang lebih jauh). Holly menganggap pria ini sebagai teman, terkadang sebagai pengganti saudaranya, ia bahkan memanggil Paul dengan Fred – nama kakaknya. 'Fred' tidak tahu lebih banyak tentang masa lalu Holly, demikian pula semua orang yang mengaku kenal dengan Holly. Dan karena Holly sangat ‘ahli’ menghindari topik masa lalunya, 'Fred' hanya tahu bahwa Holly telah melarikan diri dari rumah semenjak usia 14 tahun.

[ source ]
Holly terlihat banyak berhubungan dengan pria-pria yang berusia lebih tua, dan pria-pria ini menikmati waktu-waktu yang diluangkan oleh Holly bersama mereka dengan masing-masing cara yang berbeda. Meski Holly dikabarkan memiliki kekasih bernama Rusty Trawler – pria kaya raya, namun berpikiran sempit, seringkali bertingkah laku seperti anak kecil. Holly mampu hidup dalam kemewahan berkat Rusty, namun ia tak mau buru-buru mengikat dirinya dalam kehidupan pernikahan bersama Rusty. Holly suka berkeliling, jalan-jalan, dan berbelanja, tapi yang paling disukai adalah berkunjung ke Tiffanny’s – sebuah toko perhiasan eksklusif yang hanya menyediakan barang-barang berkualitas.

Kehidupan Holly yang serba glamour dan penuh hura-hura, menutupi masa lalunya yang pada suatu hari muncul di depan pintu apartemennya. Namun Holly bukan wanita yang lemah, meskipun ia mengalami berbagai kejadian yang menakjubkan, membuat gempar khalayak umum. Melalui sudut pandang 'Fred' sebagai narator kisah ini, pembaca akan diajak menyelami dunia Holly yang akan mampu menjungkir-balikkan fakta serta kenyataan, dengan mimpi-mimpi serta dongeng yang memabukkan. 

[ source ]
Ini adalah kisah seorang manusia, seorang gadis yang beranjak dewasa dengan mimpi-mimpi indah yang akan dinikmatinya untuk melupakan masa lalunya. Dan seiring dengan waktu, ia berusaha menciptakan dunia baru lewat identitas baru, yang jauh dari rasa sedih dan terluka, jika bahaya akan hal itu mulai mendekatinya, Holly akan mampu mencari jalan untuk menghindarinya. Meski tidak terlalu menikmati cara penulisan Truman Capote yang ‘selonongan’ alias mngikuti alur meski terkadang main tabrak di sana sini, beliau mampu membuat pembaca maupun penonton terpaku pada karakter Holly Golightly. 

Banyak spekulasi mengatakan bahwa gaya penulisan Truman Capote memang sengaja dibuat agar mudah untuk dibuat menjadi skenario film. Bahkan beliau telah menetapkan Marilyn Monroe sebagai sosok Holly Golightly – sehingga beliau sangat marah ketika Paramount Studios memutuskan merubah kisahnya agar cocok dengan selera Hollywood (termasuk menghilang karakter penulis gay dengan nama panggilan 'Fred' dan merubahnya menjadi penulis bernama Paul Karjak) serta memberikan peran utama kepada Audrey Hepburn.

Tentang Penulis :
[ source ]
[ source ]
Truman Gracia Capote ( 30 September 1924 –  25 Agustus 1984 ), seorang penulis asal Amerika, dengan karya-karya berupa tulisan non-fiksi, fiksi, novel, dan drama yang banyak dianggap sebagai kisah klasik. Karyanya yang paling terkenal adalah ‘Breakfast At Tiffany’s’ (1958) yang menjadi sebuah ikon serta pop-culture di Amerika. Sedangkan buku lainnya ‘In Cold Blood’ (1965) menuai kontroversi karena dibuat berdasarkan kisah nyata sebuah pembunuhan sadis dari sudut pandang sang pembunuh. Buku ini ditulis dengan gaya yang berbeda, dan disebut sebagai novel non-fiksi bergaya jurnalisme sastrawi.

Hingga saat ini ada sekitar 20 film dan acara TV yang dibuat berdasarkan karya beliau. Kisah hidup beliau juga telah diadaptasi ke layar lebat dengan judul “Capote” (2005) berdasarkan tulisan biografinya, diperankan oleh Philip Seymour Hoffman yang meraih Piala Oscar sebagai Aktor Terbaik (2006)

Best Regards,

2 comments :

  1. mbaaaa cover versi luar lucu2 banget yahhh...buku ini masih ada di timbunanku =p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aq memang cari contoh cover-cover yang beda begitu, kadang bikin gemes pengen koleksi cover-covernya aja hahaha

      Delete