WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Sunday, June 30, 2013

Books "NIGHT FLIGHT" [ World's Masterpiece ]

Books “World’s Masterpiece : NIGHT FLIGHT”
Judul Asli : Manga De Dokuha - NIGHT FLIGHT by Antoine de Saint-Exupéry
[ from the original title 'Vol de Nuit' ]
Copyright © VARIETY ART WORKS, EAST PRESS CO., LTD
Penerbit Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Isao Arief
Cetakan I : 2010 ; 192 hlm

Night Flight merupakan karya fiksi yang mengambil tema serupa dengan ‘Terre des Hommes’ yang lebih merupakan memoar sang penulis, terutama berkaitan dengan pengalamannya sebagai pilot Pos Udara dan tragedi yang nyaris merenggut nyawanya. Night Flight berkisah tentang armada Pos Udara pertama yang beroperasi di wilayah Amerika Selatan. Kala itu pengangkutan serta transportasi dipegang oleh jalur darat yaitu kereta api dan laut melalui kapal. Salah seorang pria berpikiran maju serta berani mengambil resiko, bernama Riviere adalah otak dibalik perusahaan yang berani mengambil lapangan pekerjaan yang belum pernah ada. Melakukan jasa pengangkutan pada malam hari, dimana tidak ada transportasi yang bergerak saat itu. 



Dengan menggunakan pesawat udara, laju kecepatan peredaran serta jaringan akan meraup pangsa pasar yang sangat besar. Namun bukan tanpa resiko, karena mengemudikan pesawat primitif (pada masa itu belum ada pesawat dengan tehnologi serba mesin digital) mengandalkan sepenuhnya kemampuan sang pilot untuk menentukan arah serta tujuan terutama di saat cuaca buruk. Dalam kegelapan malam, hanya mengandalkan sinar bulan serta bintang-bintang (jika cuaca kebetulan cerah), tanpa radar, mesin pesawat yang mengandalkan baling-baling dan tongkat kendali penentu arah, cukup mengerikan jika dilakukan oleh orang yang tidak memiliki nyali besar.

Melalui sosok pilot tangguh bernama Fabien dan Perlan, dua karakter yang memiliki perbedaan sifat, perjuangan mereka diuji. Masyarakat terbelah antara antusiasme pada hal-hal baru, terutama melihat kesuksesan para pilot pendahulu seperti Wright Bersaudara. Namun sebagian besar masih pesimis serta mengecam tindakan yang membahayakan jiwa sang pengemudi. Riviere memiliki visi jauh ke depan. Namun perjuangan tersebut membutuhkan kekuatan dan kesatuan team-works yang solid. Melalui kisah ini penulis mengungkapkan sisi lain dari masing-masing pihak yang memiliki peran dalam kelancaran dan kesuksesan suatu perjalanan Pos Udara. 

Mulai dari Rurue – montir tua dan senior yang menjaga kondisi pesawat, merawatnya dengan tekun, hingga perhatian pada detail sekecil apa pun, misalnya baut yang sudah berkarat dan keropos, meski hanya satu buah, tetapi memiliki peran dalam keutuhan sebuah pesawat. Lalu sang manager Robinho yang harus mengatur jadwal dan mengawasi secara ketat perilaku para pilot, jika ada yang melanggar maka sangsi akan diperlakukan dengan keras. Sebagai pimpinan Riviere adalah sosok yang keras, disiplin dan berani, namun jauh di dalam lubuk hatinya, ia sangat lembut dan perhatian pada setiap pihak. Bagaimana jika tragedi mengerikan menimpa anggota mereka ? Apakah semua kekuatan dan persatuan tetap akan berjalan dengan baik, atau mereka hancur satu demi satu ?

About Variety Art Works :
Manga de Dokuha atau Reading Through with Manga, merupakan serangkaian seri classic literature yang dibuat dalam versi manga. Melalui penerbit East Press, tujuan awalnya adalah memperkenalkan genre ini kepada kalangan pembaca muda di Jepang. Hingga kini, edisi ini telah diterjemahkan pula dalam versi bahasa Inggris. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penerbit dan karya lainnya, silahkan berkunjung di :  Classic Literature Manga’s List | on Wikipedia | on Goodreads | Others

Tentang Penulis :
Antoine de Saint-Exupéry, terlahir dengan nama lengkap Antoine Marie Jean-Baptiste Roger, comte  de Saint-Exupéry pada tanggal 29 Juni 1900 di Lyon, Prancis. Beliau adalah keturuna keluarga aristokrat Prancis, yang memilih jalur kehidupan yang sama sekali berbeda dengan lingkungan keluarganya. Setelah menyelesaikan pendidikan terakhir pada Colege Saint-Jean di Fribourg, ia memilih menjadi pilot pada masa wajib militer, dan melakukan penerbangan sepanjang Prancis hingga Afrika Utara sampai masa dinasnya usai di tahun 1923.

Setelah menjalani kehidupan sebagai warga sipil beberapa tahun, ia merindukan ‘penerbangan’ yang pernah dijalaninya, dan merasa tidak ada yang diharapkan dari kondisi patah hati setelah putus hubungan dengan penulis Louise de Vilmorin, di tahun 1926 ia kembali bergabung dengan Latécoère (yang kemudian dirubah menjadi Aéropostale) – salah satu penerbang pelopor yang membuka jalur pos menuju koloni-koloni Africa yang terpencil serta pedalaman Amerika Selatan serta jalur penghubung negara-negara Eropa, menggunakan pesawat terbang yang masih terbilang primitif, menjalani rute dan medan yang berbahaya. Saat Perang Dunia II dimulai, ia bergabung dengan Angkatan Udara Prancis (Armée de l’Air) melakukan misi recon hingga tahun 1940. Kemudian ia berangkat ke Amerika untuk bergabung dalam perang melawan pihak Jerman : Nazi. Ketika ia sempat ‘menghilang’ selama 27 bulan di Amerika Utara, semasa itulah 3 buah karyanya yang terkenal berhasil ditulis.Hingga ia kembali bergabung dengan Angkatan Udara Prancis di Afrika Utara, yang nyaris ditolak akibat faktor usianya yang lanjut serta kondisi kesehatannya. Dalam salah satu misi terakhirnya pada bulan Juli 1944, ia lenyap di sekitar Lautan Mediterania, dan diduga tewas di tempat.

Saint-Exupéry menjalani kesibukan sebagai penulis fiksi, memoar, dan puisi, sekaligus ‘pioner-aviator’ , yang memperoleh berbagai penghargaan atas hasil karya serta jasanya. Seperti National Book Award dari Amerika serta serangkaian penghargaan dunia literasi Prancis. The Little Prince telah diterjemahkan lebih dari 250 bahasa serta dialek di dunia, yang membuatnya menjadi sosok ‘pahlawan’ bagi masyarakat Prancis.Sedangkan karyanya ‘Terre de Hommes’ dianggap sebagai salah karya yang memberikan pengaruh besar dalam dunia humanitarian Internasional, hingga dijadi salah satu tema Perayaan Pekan Dunia Abad 20 pada Expo 67 di Montreal, Kanada.

[ more about this author, books and related works, just check on here : Antoine de Saint-Exupéry | on Wikipedia | on Goodreads | Night Flight ]

This Post are include for :
68th Book for Classic Club Project
3rd  Book for Antoine de Saint-Exupéry Birthday’s
Best Regards,                       


No comments :

Post a Comment