WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Wednesday, July 31, 2013

Books "DEAR ENEMY"

Judul Asli : DEAR ENEMY
Copyright © Jean Webster
Penerbit Atria
Alih Bahasa : Ferry Halim
Editor : Ida Wajdi
Cover by Aniza Pujiati
Cover Illustration by Ella Melati Puspa Indah
Cetakan I : Juli 2010 , 383 hlm
~ Conclusion In English ~

Jerusha ‘Judy Abbott telah beranjak dewasa, lulus kuliah dan bertemu dengan pujaan hatinya yang tak pernah disangka-sangka selalu berada di dekatnya. Kini ia bukan saja seorang istri dari pria terhormat yang memiliki kekayaan serta kekuasaan, ia juga akan segera melahirkan seorang putri yang dipanggil Little Judy. Pengalaman hidup semasa berada di Panti Asuhan John Grier merupakan kenangan tersendiri yang tak terlupakan, hingga Judy beserta sang suami yang menjabat sebagai anggota Dewan Terhormat, melakukan perombakan dalam organisasi untuk membuat para penghuni cilik yatim-piatu ini dapat menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan menyenangkan sekaligus mempersiapkan masa depan yang cerah bagi mereka masing-masing.



Sebagai sumber dana, sang suami dengan suka hati menyumbangkan berapa pun dana yang dibutuhkan. Namun Judy tidak sanggup membayangkan jika semua dana tersebut diserahkan pada Mrs. Lippett – pengelola John Grier semasa ia hidup disana. Judy mencari sosok yang memiliki belas kasih terhadap anak-anak, mampu bertindak tegas dan displin serta mengatur susunan organisasi baru demi kelangsungan Panti Asuhan John Grier. Dan ada satu orang yang dirasa tepat dalam benak Judy, tidak lain Sallie McBride – sahabat karibnya semasa kuliah yang tak kalah periang dan suka tantangan.

Sallie McBride adalah putri keluarga bangsawan kaya raya yang uniknya sama sekali tidak sombong atau angkuh, meski terkadang memiliki sifat manja dan suka bersenang-senang. Bahkan Jimmy McBride – kakak kandung Sallie, pernah sangat menyukai Judy semasa kuliah, hingga ia memutuskan memberikan ‘hatinya’ pada pria yang merupakan lawan-musuh-sekaligus-sahabatnya. Berkat bujuk-rayu Judy, Sallie bersedia menerima jabatan (sementara) sebagai Kepala Supervisi Panti Asuhan John Grier, kala Judy harus bepergian ke luar negeri mengikuti pekerjaan sang suami. Maka dimulailah babak baru bagi segenap penghuni Panti Asuhan John Grier.

Kisah yang dibuat dengan format surat-menyurat sebagaimana kisah Daddy-Long-Legs ini cukup menarik untuk disimak. Alih-alih Judy Abbott, tokoh utama kisah ini adalah Sallie Mcbride – gadis campuran Irlandia dan Inggris yang lincah dan manis sekaligus pemberani. Rangkaian kisah kehidupan sehari-hari yang digambarkan bagai jurnal sebagai hasil korespondensinya dengan Judy mewarnai seluruh kisah, mulai dari kegiatan para penghuni, perkembangan (baik maupun buruk) dari setiap keputusan yang diambil, musibah yang terjadi hingga pertengkaran yang kerap terjadi antara Sallie dengan Dr. Robin MacRae – sosok pria Skotlandia yang selalu serius dan rajin melakukan kritik terhadap berbagai kebijakan yang diambil oleh Sallie. Konflik pribadi juga tercermin pada korespondensi Sallie dengan Gordon Hallock – pemuda yang telah lama menjadi ‘sahabat-karib-nya’. Secara keseluruhan, kisahnya masih mampu mengundang rasa penasaran, geli dan tersentuh akan perjuangan para penghuni Panti Asuhan John Grier untuk kehidupan yang lebih baik ... walau secara pribadi menurutku tetap jauh lebih menarik dan berkesan kisah Daddy-Long-Legs, kisah Dear Enemy turut menyajikan kisah yang tak mudah dilupakan begitu saja.

Conclusion :
Back on Judy Abbott and Daddy-Long-Legs !!! But this time they just taking part of the main story : John Grier Orphanage, who thanks to Daddy-Long-Legs as the big beneficiary, this horrible place will soon changes into something different. But this great idea cannot be real just because there are big donation, it’s also need special person to manage the whole thing. Since Judy cannot be there in person, she sent someone she knows well, it’s Miss Sallie McBride – her bestfriend at school. Sallie McBride is a girl with big heart but never been in charge on anything serious, her entirely life happens so easely, since she from a very honorable and wealthy families. But Judy believe in her capability, soo Miss Salllie will put-up her insecurety and roll her sleve to begin a really hard works.  

Even this is a lot different than Daddy-Long-Legs, still can makes me smile even laugh at several time, all the troubles Sallie McBride have to face-it, from boardmember of John Grier’s, staff that need to changes their perspective, medical consultant who happens to be close friend of Mr. Pendleton, but since the first time they meet, both Sallie and Dr. Robin Mc Rae already start ‘the war’ between them. Dear Enemy is the nick name Sallie make to call Robin Mc Rae, and reading all the letter Sallie write to Judy as the report and correspondency between them. It’s funny, it’s refreshing and yet have several moral issue that really touch my heart too. Love it !!

Tentang Penulis :
Alice Jane Chandler Webster ( 24 Juli 1876 - 11 Juni 1916), lahir dan menghabiskan sebagian besar kehidupannya di New York City, Amerika, sangat menyukai kegiatan menulis semenjak kecil, bisa jadi karena ia memiliki garis keturunan dengan penulis Mark Twain, yang merupakan saudara kakeknya. Uniknya pada masa pendidikan dasar, ia memiliki kesulitan dalam mengeja, sehingga saat gurunya bertanya : “Siapa yang mengajarimu mengeja seperti itu?”, gadis cilik ini menjawab dengan bergurau : “Websters.” (nama keluarganya kebetulan sama dengan nama penulis kamus ternama asal Amerika).

Nama Jean Webster digunakan sebagai nama pena kala ia memulai karir sebagai penulis secara serius. Ia memperoloeh pendidikan yang bermutu dan merupakan lulusan dari Vassar College di tahun 1901. Dalam serangkaian kunjungan amalnya ke kalangan jelata, ia yakin bahwa anak-anak yang kurang mampu, bisa meraih kesuksesan dalam hidupnya. Gagasan itu ia kembangkan dengan sentuhan humor dalam bukunya Daddy-Long-Legs, yang meski bukan karya perdananya, namun mendapat tanggapan yang sangat positif dari kalangan pembaca ketika rilis di tahun 1912, serta melejitkan nama Jean Webster sebagai penulis berbakat.

Kisah Dady-Long-Legs terus menarik minta pembaca baru dan berbagai adaptasi dibuat berdasarkan novel ini, mulai dari drama panggung, beberapa film layar lebar, hingga drama komedi musikal di Inggris yang berjudul Love from Lucy. Kelanjutan kisah perjalanan Judy Abbott diterbitkan pada tahun 1914 dengan judul Dear Enemy. Dan di tahun 1915, Jean Webster menikah dengan Glenn Ford McKinney, dimana ia disibukkan dengan membagi waktu  dan tinggal di dua tempat, sebuah apartemen di New York City yang menghadap ke arah Central Park, dan sebuah rumah di Berkshire Hills. Tragisnya, ia meninggal dunia di tahun berikutnya, sehari setelah melahirkan putrinya yang dipanggil Little Jean.

[ more about the author and related works, just check at here : Jean Webster | Dear Enemy (Novel) | on Goodreads  ]


Best Regards,

No comments :

Post a Comment