WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Thursday, July 19, 2012

MY CHARACTER THURSDAY [ 5 ] : "Pollyanna"



MY CHARACTER THURSDAY ( 5


Saat mencoba mencari-cari tokoh karakter yang menarik dari bacaan klasik-ku, diriku teringat akan kisah Pollyanna karangan Eleanor H. Porter. Meski ini dapat dikatakan sebagai kisah anak-anak, namun diriku justru mendapati bahwa ‘pembelajaran’ dalam kisah ini akan bermanfaat bagi semua usia, karena melalui tokoh Pollyanna, kita diingatkan bahwa kehidupan ini terlalu indah untuk dihabiskan dengan hanya berkeluh-kesah. 

Pollyanna adalah gadis cilik berusia 12 tahun, menjadi yatim-piatu sehingga ia harus pergi dan tinggal bersama satu-satunya kerabat yang masih ada. Kerabatnya adalah saudara ibunya, yang dipanggil Bibi Polly – wanita rupawan, kaya raya, namun tak pernah tampak bahagia dan bertekad hidup sesuai dengan aturannya, yang menurut pendapat kebanyakan orang, sebagai suatu kehidupan yang menyedihkan dan suram. Ia hanyalah seorang gadis cilik, namun memiliki hati dan jiwa yang melebihi usianya. Pengertian akan makna kehidupan tersirat melalui ‘permainan sukacita’ (the glad game), yang pada akhirnya bukan hanya berpengaruh pada satu, dua orang saja, bahkan setiap orang asing yang pada akhirnya mengenal gadis ini, kehidupan mereka pun berubah. 

“Oh, yes; the game was to just find something about everything to be glad about—no matter what 'twas” ( ‘The Glad Game’ from Pollyanna by Eleanor H. Porter )

~ Pollyana by Hayley Mills ; Disney Movies  release at 1960 ~

Pollyanna merupakan karakter protagonis yang sedikit ‘surreal for me’ karena pembawaannya yang selalu bahagia dan berpikir positif. Mungkin karena diriku membandingkannya dengan kondisi masyarakat saat ini, dimana sangat jarang manusia mampu bersikap positif terus menerus. Apalagi anak seusia Pollyanna, maka pada era modern seperti sekarang, justru anak-anak kecil serta remaja banyak menyerap pengetahuan serta perilaku orang-orang dewasa, yang boleh dikatakan jauh dari penggambaran sikap positif yang Pollyanna lakukan. 

Tapi justru kisah ini pula yang selalu membuatku terkenang dan ketika membaca ulang kisah ini entah ke sekian kalinya, suatu pembelajaran baru selalu kudapatkan. Pollyanna mengajarkan kita untuk menerima situasi dan kondisi apa pun yang terjadi pada diri kita. Dan jangan salah kaprah dengan sikap ‘pasrah’ karena ia justru ‘melecut’ kita untuk berusaha lebih baik dari sebelumnya. Bahkan dalam kondisi yang lumayan ekstrem pun ia masih memiliki sebuah pengharapan yang mampu memberikan secercah cahaya pada kegelapan yang perlahan menyelimuti diri dan jiwa kita. 

“It'll be just lovely for you to play -- it'll be so hard. And there's so much more fun when it is hard!”
 
~ Pollyanna by Georgina Terry ; TV Movie at 2003 ~
Mengenal Pollyanna berarti Anda juga akan mengenal dan melakukan hal-hal seperti : bahagia, jujur, welas-asih, pantang menyerah, perjuangan, dan berpikir positif. Meski kelihatannya mudah, justru hal yang paling sulit dilakukan adalah merubah pola pikir (mind-set) tentang bagaimana kita memandang suatu kehidupan. Pollyanna mengajarkan bahwa kehidupan adalah sebuah tantangan, suatu permainan yang mengasyikan karena senantiasa tersedia tantangan yang berbeda-beda, dan kita akan memperoleh harta luar biasa dengan pertemanan, persahabatan, kekuatan cinta-kasih serta keinginan untuk membahagiakan orang lain ... karena semuanya akan berbalik kembali pada diri kita. Demikian pula jika kita melakukan hal sebaliknya, bersikap negatif akan membawa segala sesuatu yang negatif kembali kepada kita. 

"When you look for the bad in mankind expecting to find it, you surely will."
 
“Just breathing isn't living!”

Dan setiap kali diriku mengalami serangan penyakit malas, takut, prasangka buruk, bahkan mengalami yang disebut sebagai ‘very-bad-day’ --- just open this book on read it again, and again, you’ll find the good medicine in this stories. And I think everybody in this world should drink ‘Pollyanna’ as an daily vitamin for all those bad-negative influence (^_^)

As usual, when you want to be a apart of this blog hop, just follow the directions below : 




Syarat Mengikuti :


1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

Best Regards,
* Hobby Buku *

3 comments :

  1. Hmm..menurutku kalau usia 12 tahunan, wajar kalau anak punya pikiran positif ya, kalau memang pembawaannya memang begitu dan lingkungannya mendukung. kamu kebanyakan baca dystopia kayaknya, hahahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mestinya aq sebutkan klo lingkungan juga menunjang, khan si pollyanna ini dari kota kecil, beda dengan anak-anak yang dibesarkan di kota besar :D
      aslinya aq ngak suka dystopia, ini mesti baca, sampe bosen, apa ngak ada tema lain :(

      Delete
  2. pernah nonton filmnya doank, tapi belum pernah baca bukunya >_<

    ReplyDelete