WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Tuesday, February 26, 2013

Books "ILLUSTRATED STORIES FROM DICKENS"



[ source ]
Books “DONGENG CHARLES DICKENS”
Judul Asli : ILLUSTRATED STORIES FROM DICKENS
Copyright © 2009 Usborne Publishing Ltd.
Retold by Mary Sebag-Montefiore
Illustrations by Barry Ablett
Indonesian language edition by Bhuana Ilmu Populer in 2012
Alih Bahasa : Dono Sunardi
Editor : Dian Rakhmawati Sumarsana & Putri Sastra
Redesain : Helen Lie
Cetakan I :  2012 ; 352 hlm

Awal tahun 2012 ini merupakan awal perkenalanku akan karya-karya Charles Dickens. Mengapa baru sekarang memulai membacanya ? Mmm...alasan klasik – ada sedikit rasa takut untuk memulainya, bayangan bahwa kisah klasik sulit untuk dipahami, mulai dari tata bahasa, kultur budaya hingga topik yang tidak dikenal, menghantui benakku. Memang harus diakui, semua hal yang kusebutkan terkadang menjadi kendala dalam ‘usaha’ membaca bahkan memahami inti sebuah bacaan klasik. Tapi ada hal lain yang terlupakan atau bahkan tak diketahui oleh banyak pembaca dan penyuka buku – bahwa kisah klasik juga menyajikan kisah yang ‘berbeda’ sehingga perbedaan itulah yang nantinya justru menjadi daya tarik tersendiri – jika Anda berani untuk mencobanya (^_^) 

Berbicara dari pengalaman pribadi, kini karya-karya Dickens menempati lokasi khusus di hatiku, dan menjadi sebuah misi tersendiri untuk meluangkan waktu mencari serta membaca karya-karya beliau. Seperti kata salah seorang enterpreneur – jika benak dan pikiran kita sudah tertarik dan mulai fokus pada suatu hal atau Impian, maka alam sekitar turut mendukung, hingga selama 2 bulan ini, entah bagaimana ‘mata-ku’ selalu terantuk pada kata-kata / kalimat yang berkaitan dengan Charles Dickens ( untung tidak ada cowok yang bernama sama berkeliaran ya – that’s gonna be another dreams to discuss ), dan salah satu buku yang menarik perhatianku suatu hari adalah kisah “DONGENG CHARLES DICKENS” – sebuah adaptasi yang berisi 5 karya terpilih dari Charles Dickens yang dikisahkan kembali dn disertai ilustrasi yang sangat menarik. Buku ini cocok sekali untuk memperkenalkan karya klasik bagi anak-anak muda semenjak usia remaja. Dituturkan dengan gaya bahasa yang lebih mudah dimengerti dan mengisahkan secra garis besar kisah-kisah yang melambungkan nama Dickens sebagai ‘The Great Story-Teller’.

[ source ]
  • Oliver Twist : kisah anak yatim-piatu yang mengalami siksaan fisik serta mental dan perlakuan tidak manusiawi dari badan sosial serta panti anak-anak terlantar. Tak tahan, ia melarikan diri hingga tiba di kota London, bertemu dengan bocah dengan julukan Dodger, yang memperkenalkannya denga Fagin serta komplotan pencuri serta pencopet. Nasib membawa Oliver pada pertemuan tak terduga dengan Mr. Brownlow – yang ternyata memiliki hubungan khusus dengan masa lalu Oliver. Ini ada kisah petualangan serta perjalanan bocah miskin yang harus berjuang diantara kejahatan serta sifat buruk kehidupan kaum miskin yang merupakan bagian terlupakan serta terbuang dari kehidupan kota London, Inggris.
  • Bleak House : dibuka dengan kasus tuntutan surat wasiat serta perebutan harta arisan yang berlangsung selama bertahun-tahun lamanya. Kasus Jarndyce vs Jarndyne menjadi topik hangat yang selalu dibicarakan oleh kalangan Inggris. Tokoh utama kisah ini adalah Esther Summerson – gadis yang tak pernah mengetahui siapa orang tua kandungnya, hanya ibu baptisnya Miss Barbary, yang selalu mengingatkan bahwa masa lalu Esther adalah sebuah aib yang tak boleh disinggung sampai kapan pun. Kehidupan Esther berubah drastis ketika Miss Barbary meninggal secara tiba-tiba, dan ia diangkat sebagai salah satu anak asuh Mr. Jarndyce untuk tinggal di Bleak House bersama dua anak asuh lainnya. Kisah yang mengungkap tentang tradisi serta norma-norma sosial yang mampu berlaku kejam dalam ‘menghakimi’ siapa saja yang melanggar tatanan tersebut, tanpa menyelidiki latar belakang ataupun kebenaran dari suatu masalah.
  • Great Expectations : salah satu karya terbesar Dickens, tentang hubungan aneh yang melibatkan pemuda miskin bernama Pip – ketika masa depannya berubah total akibat pertemuannya dengan Miss Havisham – perempuan tua terkaya di wilayah tersebut dengan anak angkatnya Estella – gadis cantik namun sangat angkuh dan suka mempermainkan Pip. Beranjak dewasa, Pip telah terpikat oleh Estella yang tak pernah memperdulikannya. Pip tidak akan berani melangkah lebih jauh, seandainya tak ada donatur dermawan yang tiba-tiba bersedia menanggung seluruh biaya hidupnya sebagai pemuda kalangan atas. Pip bukan lagi pemuda bodoh dan miskin, ia kini bergaul dan menghabiskan waktu dengan kaum golongan atas. Sebuah kisah yang menyoroti kehidupan hura-hura kalangan atas sedangkan kaum miskin semakin menderita. Permainan serta rencana kotor yang dilakukan demi dendam juga hanya untuk bersenang-senang, tanpa mengindahkan korban-korbannya, yang mengalami luka batin cukup dalam. Penulis membuat suatu perumpamaan akan ironi kehidupan melalui melodrama yang tak terlupakan.
  • A Tale of Two Cities : kisah yang berdasarkan fakta sejarah Revolusi Perancis yang memakan banyak korban ini menjadi salah satu kisah yang patut disimak lebih dalam. Melibatkan dua kota-dua negara-dua tokoh utama yang tampak serupa namun berbeda. Ini adalah kisah Charles Darnay – pemuda misterius dan keturunan bangsawan Perancis yang melarikan diri dari kehidupan mengerikan kaum bangsawan, memilih hidup dan bekerja di Inggris, kemudian bertemu dengan Sidney Carton – pemuda yang memiliki otak cemerlang, dan seharusnya memiliki masa depan yang bagus seandainya ia memiliki kekuatan untuk berpikir positif. Keduanya bertemu dan terikat secara batin pada satu gadis cantik yang memiliki hati lembut bernama Lucie Manette – putri seorang dokter yang mengalami masa lalu mengerikan saat ditangkap dan disekap dalam tahanan di Perancis selama bertahun-tahun. Sebuah kisah epik yang menawan, tentang kasih sayang dan dendam kesumat, antara perjuangan serta pengorbanan yang menyentuh hingga akhir kisahnya.
  • David Copperfield : Si kecil David Copperfield tetap hidup bahagia walau hanya dengan sang ibu, Clara Copperfield dan pelayannya, Miss Peggotty. Namun suatu hari muncul pria bernama Mr. Murdstone yang kerap menemui ibunya. Dan suatu hari, David dikirim berlibur ke tempat saudara Miss Peggotty untuk bersenang-senang. Ketika ia pulang, Clara Copperfield telah menikah dengan Mr. Murdstone, dan kehidupan mereka berubah total. Ayah tirinya ternyata sangat kejam, ia tak segan-segan mencambuk David bahkan  mengirimnya untuk tinggal di sekolah asrama di tempat yang sangat jauh. David harus berjuang seorang diri demi kelangsungan hidupnya, termasuk melarikan diri ketika ibunya mendadak meninggal dan harta kekayaan dikuasai oleh ayah tirinya, ia harus mencari satu-satunya kerabat yang masih hidup, yang tak jelas dimana keberadaannya, dan apakah ia bersedia membantu dirinya ...
  • Introducing Charles Dickens : mau tahu siapa sebenarnya Charles Dickens dan bagaimana masa kanak-kanak dan perjalanan hidupnya hingga menjadi sosok penulis karya-karya yang dikenang sepanjang masa ? Apa sumber inspirasi dibalik karya-karyanya yang fenomenal ? Simak ulasan kisahnya disini, disertai ilustrasi yang mampu mengundang senyum simpul ...
[ source ]
Buku yang cukup menarik untuk disimak, walau tidak terlalu memuaskan rasa ingin-tahu sebagai pembaca serius, tetapi sangat cocok digunakan sebagai alat perkenalan bagi kalangan remaja agar mereka lebih mengenal karya-karya bermutu, tidak hanya meributkan bacaan seputar gosip-tren bintang idola-melodrama Korea dan sejenisnya. Atau bagi Anda yang memiliki putra dan putri, sebagai pecinta buku, tak ada salahnya untuk ‘ber-inventasi’ buku seperti ini sebagai salah satu koleksi bacaan keluarga Anda (^_^)
Best Regards, 

No comments :

Post a Comment