WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Wednesday, April 3, 2013

MY WISHFUL WEDNESDAY [ 22 ] : "BUMI MANUSIA" by Pramoedya Ananta Toer


MY WISHFUL WEDNESDAY ( 22 )
This week I’m really wishing for this special book, it’s non-other than the first book of Buru Tetralogi by reknown author Pramoedya Ananta Toer. Since last February when BBI-ers have this event Read-A-Long on Pram’s works, I found my self falling-in-love with his works. As book-lovers I have to admitted (and really embaress too) never read any of his until this year. Pram was one the influencial author who not only write but pour his heart and soul into the writing. Many of his works are lost on the journey. ‘cause of the rezim Ordo Lama banned and destroy his works as the traitor and gave bad-influence to society. For my self, I never quite understood about political, but when I read his books, he write with such honesty and beautifully, as a reader I really enjoying and experience a different kind feelings. In the pursuit some of his works, ( I already mention that some of his works are lost and never again printed ), I manage to have some books, and this peticuliar book I’ve been looking over everywhere, and still cannot find it L .... and here is my Wishful Wednesday this week :
BUMI MANUSIA 
[ This Earth of Mankind ]
by Pramoedya Ananta Toer
Preview :
Roman Tetralogi Buru mengambil latar belakang dan cikal bakal nation Indonesia di awal abad ke-20. Dengan membacanya waktu kita dibalikkan sedemikian rupa dan hidup di era membibitnya pergerakan nasional mula-mula, juga pertautan rasa, kegamangan jiwa, percintaan, dan pertarungan kekuatan anonim para srikandi yang mengawal penyemaian bangunan nasional yang kemudian kelak melahirkan Indonesia modern.

Roman bagian pertama; Bumi Manusia, sebagai periode penyemaian dan kegelisahan dimana Minke sebagai aktor sekaligus kreator adalah manusia berdarah priyayi yang semampu mungkin keluar dari kepompong kejawaannya menuju manusia yang bebas dan merdeka, di sudut lain membelah jiwa ke-Eropa-an yang menjadi simbol dan kiblat dari ketinggian pengetahuan dan peradaban.

Pram menggambarkan sebuah adegan antara Minke dengan ayahnya yang sangat sentimentil: Aku mengangkat sembah sebagaimana biasa aku lihat dilakukan punggawa terhadap kakekku dan nenekku dan orangtuaku, waktu lebaran. Dan yang sekarang tak juga kuturunkan sebelum Bupati itu duduk enak di tempatnya. Dalam mengangkat sembah serasa hilang seluruh ilmu dan pengetahuan yang kupelajari tahun demi tahun belakangan ini. Hilang indahnya dunia sebagaimana dijanjikan oleh kemajuan ilmu .... Sembah pengagungan pada leluhur dan pembesar melalui perendahan dan penghinaan diri! Sampai sedatar tanah kalau mungkin! Uh, anak-cucuku tak kurelakan menjalani kehinaan ini.

"Kita kalah, Ma," bisikku.

"Kita telah melawan, Nak, Nyo, sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya."
[ source : goodreads | wikipedia ]  
As alwalys, if you want to join this Wishful Wednesday Blog Hop, just follow this instructions below :
MY WISHFUL WEDNESDAY HOP
  • Silakan follow blog Book to Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
Best Regards, 

13 comments :

  1. Replies
    1. wah punya ya kang, klo pas nemu lagi diskon di semarang nitip ya :D

      Delete
  2. Replies
    1. iya sih, tapi kemarin 3 buku lainnya pas dapat lagi ada sale jadi lumayan lah, sayangnya buku pertama malahan tidak ada :(

      Delete
  3. Kemarin nemu buku ini yg versi Penguin (di gambar pertama) di Bras Basah. Tapi udah ditek sama Mel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg versi inggri aq nemu beberapa kali, cmn harganya blm cocok (sama isi dompet) (-__-)

      Delete
    2. Aku seneng banget bisa dapetin buku ini! Thanks mbak Dewi. Tapi yang edisi bahasa Indonesianya masih tetep di wishlistku dan suatu saat aku pengen beli sih, soalnya masa sih orang Indonesia punya versi terjemahan buku PAT tapi nggak punya versi aslinya yang berbahasa Indonesia? *apa kata duniaaaa?*

      Delete
  4. Salah satu buku yang ingin kubaca. Semoga terkabul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah suka Pram juga ya mbak, aq baru coba baca dua bukunya, ternyata suka banget, eh pas pengen cari pada raib semua dari toko buku ...

      Delete
  5. bacaannya berat yaa o.O

    semoga cepat terwujud yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ngak berat kok, dulu aq juga kira begitu, ternyata setelah coba baca bagus dan enak bahasanya, sama sekali tidak berat malahan cenderung seperti dialog. Masih lebih berat baca bukunya Paulo Coelho malahan :D

      Delete
  6. aku baru sekali juga baca pram *blushing* semoga segera kesampaian ya mba mariaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belom sama sekali *orang Indonesia macam apaaa...* tapi berniat mau baca kok. ada temennya mbak :D

      Delete