WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Thursday, October 17, 2013

Books "THE MURDER OF ROGER ACKROYD"

Books “PEMBUNUHAN ATAS ROGER ACKROYD”
Judul Asli : THE MURDER OF ROGER ACKROYD
[ book 4 of Hercule Poirot Series ]
Copyright © Agatha Christie 1926
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Maria Regina
Desain Sampul : Dwi Koendoro
Cetakan VII : Juli 2003 ; 344 hlm ; ISBN 979-686-072-4
~ Conclusion (at the bottom post) in English ~

King’s Abbot, adalah sebuah desa kecil di Inggris, dimana kota terdekat – Cranchester, terletak sekitar 9 mil jauhnya. Sebagaimana kehidupan di desa, penghuninya saling mengenal satu sama lain, beberapa bahkan telah hidup dan menetap semenjak kakek-nenek mereka. Dan satu hal yang pasti, hampir tiada rahasia kehidupan pribadi yang mampu disimpan rapat-rapat, karena salah satu hiburan dalam masyarakat adalah membicarakan kehidupan satu sama lain alias ‘mencari-gosip’.  Diantara para penghuni, ada 2 kediaman yang paling menonjol. Satu adalah King’s Paddock yang dimiliki oleh Mr. Ferrars, sebelum ia meninggal secara aneh, hingga menimbulkan gosip diantara penduduk. Kini tempat itu dtinggali oleh sang janda, Mrs. Ferrars yang masih terbilang cukup menarik. Sedangkan hunian lainnya adalah Fernly Park milik Mr. Roger Ackroyd – seorang tuan tanah yang cukup berhasil, dalam usaha maupun lingkup pergaulan sosial.



Mr. Roger Ackroyd pernah menikah dengan janda yang memiliki anak satu. Namun pernikahan itu hanya bertahan selama 4 tahun, sebelum wanita itu meninggal akibat kebiasaan buruknya menegak minuman keras, dan meninggalkan putranya Ralph Paton yang masih berusia 7 tahun. Mr. Ackroyd bukannya pria yang lembut, dan kini Ralph Paton di usianya ke-25, menjadi sosok yang mengecewakan karena sikapnya yang berandalan, suka bersenang-senang dan meninggalkan hutang dimana-mana. Namun sebagian besar penduduk menyukai pemuda yang tampan, periang sekaligus menarik ini. Hubungan persahabatan antara Mr. Ackroyd dengan Mrs. Ferrars, menimbulkan salah satu bahan perbincangan penduduk. Siapa pun tahu, penderitaan keduanya yang disebabkan oleh pasangan hidup masing-masing, yang merupakan pemabuk berat. Dan kini suami/istri pemabuk itu telah tiada. Banyak yang meramalkan bahwa persahabatan mereka akan berlanjut ke jenjang pernikahan ... namun sebelum itu terjadi, sebuah tragedi kembali muncul di desa ini.

Mrs. Ferrars secara mendadak meninggal dunia. Hasil pemeriksaan menunjukkan over dosis Veronal sebagai penyebab kematiannya. Sebagian besar penduduk menduga wanita ini mengalami depresi berat sepeninggalan suaminya. Siapa pun bisa melihat perubahan secara fisik pada diri wanita itu. Hanya satu orang yang mempertanyakan alasan dibalik meninggalkanya Mrs. Ferrars, yaitu Mr. Roger Ackroyd. Dan suatu hari, ia menerima surat dari wanita yang telah meninggal, sepucuk surat yang mengungkapkan penderitaan yang dialaminya, yang membawa keputusan untuk mengakhiri hidupnya. Mrs. Ferrars telah membunuh suaminya agar bisa hidup tenang dan menikah dengan Mr. Ackroyd – yang memilih menjauh justru setelah mendengar pengakuan wanita yang sebenarnya ia kasihi. Dan ternyata ada orang lain yang mengetahui rahasia ini, dan melakukan pemerasan terhadap Mrs. Ferrars. Kini ada 2 orang yang mengetahui rahasia itu, Mr. Ackroyd dan sang pemeras. Maka tak pelak lagi, bisa diduga siapakah korban berikutnya ...

Kisah ini diawali dengan pembukaan yang sedikit berbeda. Berperan sebagai narator sepanjang kisah ini adalah sosok bernama James Sheppard – dokter desa yang sangat dikenal oleh para penduduk, dan menangani hampir semua kasus kesehatan setiap orang di King’s Abbot. Ia pria yang menyenangkan, sedikit tertutup dan tak pernah menikah. Namun gosip seputar kehidupan penduduk desa selalu bisa ia dapatkan berkat sang kakak yang tinggal bersamanya, Caroline Sheppard – yang juga tak menikah, sangat handal dalam pengurusan rumah tangga serta menggali informasi serta rahasia kehidupan penduduk desa. Dr. Sheppard terlibat dalam kasus kematian Mrs. Ferrars, menyusul pembunuhan Mr. Ackroyd yang cukup aneh karena dugaan awal terjadi dalam ruang kerja yang tertutup. Kemudian, munculnya tetangga baru di sebelah kediaman Dr. Sheppard, pria aneh yang mengaku sedang melakukan percobaan bercocok tanam sayur-mayur, ternyata mantan detektif ternama Hercule Poirot yang sedang menjalani kehidupan pensiun yang tenang.

Tanpa kehadiran Kapten Hastings disisinya, Poirot mampu bekerja sama dengan Dr. Sheppard, dan pembaca akan dibawa pada penulisan narasi serta hasil pemikiran sang dokter, terutama dalam mengungkapkan kehidupan para karakter lainnya. Sebagaimana kisah-kisah misteri lainnya, dari sekian banyak wawancara serta pengakuan (yang dilakukan dengan sukarela maupun terpaksa), hanya sebagian yang mengungkapkan fakta dan kebenaran. Karena sifat dasar manusia, tidak semuanya rela untuk berbagi rahasia dalam kehidupan masing-masing. Sedangkan sisanya, merupakan manusia-manusia yang tak memiliki akal panjang, jika berhadapan dengan ‘sesuatu’ yang pernah mereka lihat atau dengar, hingga semuanya terlambat. Jika  narasi yang dituangkan melalui catatan Dr. Sheppard, menyajikan berbagai kisah dari berbagai karakter, maka sebagai pembaca, kita diajak untuk mengikuti jejak Poirot, memilah-milah antara fakta dan gosip, antara kebenaran dan kebohongan, antara kejujuran dan tipu-muslihat.

Facts Behind The Story :
Perlu dicatat pula bahwa kisah ini masuk dalam daftar ‘1001 Books To Read Before You Die’ – bisa jadi disebabkan oleh ending yang sangat-sangat mengejutkan, bisa pula karena popularitas serta publikasi yang terjadi semasa buku ini rilis sepanjang tahun 1926. Terutama saat berita menghilangnya Agatha Christie pada tanggal 3 Desember 1926 saat ia keluar dari kediamannya di siang hari. Kendaraan yang ia gunakan, ditemukan terlantar dan kondisi kosong pada hari Sabtu, 4 Desember 1926, namun jejak maupun keberadaan sang penulis bagai lenyap tertiup angin. Masyarakat heboh, dan tak pelak, tersangka utama adalah sang suami, Archie Christie yang dalam proses perceraian dengan sang istri, karena telah jatuh cinta pada wanita lain bernama Nancy Neele, yang akan segera dinikahinya setelah remsi bercerai dari Agatha. Tak kurang lebih dari 500 anggota kepolisian dikerahkan di 4 wilayah, untuk menemukan jejak Agatha Christie.

Dugaan awal bahwa ia melakukan bunuh diri (sebagaimana karakter dalam kisah The Murder of Roger Ackroyd), menyebabkan Archie Christie dan kekasih barunya mengalami teror dari masyarakat karena membuat Agatha patah hati. Bahkan Sir Arthur Conan Doyle yang semasa itu mempelajari seni okultisme, mengambil sarung tangan Agatha yang dibuang, berusaha memperoleh ‘jawaban’ dari dunia supranatural. Penulis misteri ternama lainnya, Dorothy L. Sayer, turut mendapat ilham penulisan ‘puzzle-misteri’ dari kejadian ini. Semua kehebohan yang melanda wilayah Eropa, dan hampir menyebar di dunia, akhirnya berakhir ketika wanita yang dicari-cari, ditemukan berada di sebuah spa-resort bernama Swan Hydrophatic Hotel (kini bernama Old Swan Hotel), mengaku bernama Mrs. Teresa Neele (ia memilih nama wanita selingkuhan suaminya) dari Cape Town, Africa, yang sedang beristirahat mencari ketenangan dari duka-cita dalam kehidupannya. Peristiwa menghilangnya Agatha Christie selama 11 hari ini, masih belum terjawab secara resmi, karena yang beliau menolak memberikan penjelasan dibalik tindakan tersebut. Yang jelas, penjualan buku The Murder of Roger Ackroyd meningkat pesat akibat publikasi peristiwa ini.

Conclusion :
The whole idea of the story is quite simple. There was the a victim, who found dead by ‘over-dose’ Veronal, but following the story, she is not the first victim, is her husband who really the first victim – murderer by his own wife. And now she dies, not mainly because of the quilty-feeling, but scare, ashame and depressed, because the man she love and want to be marry (that’s the main reason why she killed her husband) are rejected her ...then there’s black-mail, someelse know her act.

This story sets on the small village, and as many villagers (specially in England), there’s no secret among them ...or at least that what they expect, because another murder is happening. The thirth victim is another promenous man, Mr. Roger Ackroyd – the man who also becoming the reason why Mrs. Ferrars killed her husband then killed her self after few month living in another hell. If the first and second incident can be analyze from the main reason why those thing happening, this thirth tragedy are similar, simple because Mr. Roger Ackroyd is a very wealthy and powerful man, who cannot get along with almost the whole member of his family.

Start from his stepson, Ralph Paton, who becoming great dissapointment for him. Then his sister-in-law and her daughter, who live with him after the dead of his brother. Everyone who know him, are afraid and scare of him, if there’s several really hate him, they will not dare to express their feelings to him. And by his death, almost as ‘dreams come true’ for several people, they can enjoy it life more freely without afraid, scare or depending their entire life on him. With so many suspects, even the most obvious suspect, the police cannot close this case, because several facts and information mixed-up, to difficult finding the truth.
Until Hercule Poirot come to the rescue !! This time he ‘flying-solo’ without the loyal Capt. Hastings. 

Taking part as the narrator (replacing Capt. Hastings who usually plays as ‘the thread’ – joining and compiled between scene into the whole story) is someone named Dr. James Sheppard – who involving in every case of the death of member this village. So far, the crime and the mystery are quite good, but not extraordinary. But something makes this story listed in ‘1001 Books To Read Before You Die’ – I’m guessing it might having to do with quite shocking ending (I cannot tell you without spoiler the whole story). And the second guess is after looking up the history, back when this book release in 1926. Agatha’s Fans will remember those year, because she is missing at Friday, Dec. 3rd. 1926, and the searching only find her car abondon di strange place at Saturday, Dec, 4th. 1926.

The searching done by more than 500 member of police officer, cannot find her. Many speculation, from she already die, commited suicide, depressed by her family mayheim (the death of family member she really close, follow by her husband’s act, cheating on her then wanted a divorce so he can marry his mistress) ... even other writers such Sir Arthur Conan Doyle and Dorothy L. Sayer got new idea from this event. Agatha Christie remaining missing (presume dead) for 11 days, until someone recognise her as Mrs. Teresa Neele (how awful that she choose the name of her husband mistress) at spa-resort. The main reason behind her act are remains as mystery, because she refuse to explain the truth, confess being amnesia during the incident. On thing for sure, the selling of The Murder of Roger Ackroyd are raise higher following the incident.

[ more about the author, check my post ALL ABOUT AGATHA CHRISTIE ]

This Post also include in




Best Regards,

No comments :

Post a Comment