WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Thursday, October 17, 2013

Books "THE BIG FOUR"

Books “EMPAT BESAR”
Judul Asli : THE BIG FOUR
[ book 5 of Hercule Poirot Series ]
Copyright © Agatha Christie 1927
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Ny. Suwarni A.S.
Desain Sampul : Dwi Koendoro
Cetakan VII : September 2002 ; 272 hlm ; ISBN 979-686-015-5
~ Conclusion (at the bottom post) in English ~

Arthur Hastings telah menjalani kehidupan menyenangkan bersama sang istri, Cinderella (baca The Murder on The Links) di sebuah tanah peternakan di Argentina, Amerika Selatan, dan pada bulan Juli itu, ia berniat melakukan kunjungan singkat ke London, Inggris untuk urusan pekerjaan, sekaligus menjenguk sahabatnya, Hercule Poirot. Pria mungil berkebangsaan Belgia, yang memilih menetap dan menjalani kehidupan pensiun secara tenang di Inggris, dan tetap menjalin hubungan jarak jauh selama satu setengah tahun terakhir dengan Kapten Hastings.


Kedatangan Kapten Hastings secara mendadak dengan tujuan memberi kejutan, ternyata berbalik menjadi kejutan bagi dirinya sendiri. Karena Poirot sedang bersiap-siap berangkat menerima panggilan tugas menyeberangi lautan (yang sangat dibencinya) menuju Rio, Amerika Selatan, sekaligus menjenguk sahabat serta keluarganya. Dalam waktu kurang dari satu jam ia akan bepergian dengan kapal laut, memenuhi panggilan Abe Ryland – pengusaha terkenal di Amerika. Sebelum keduanya memutuskan langkah apa yang paling tepat, muncul gangguan aneh.

Seorang pria tak dikenal, menerobos masuk kamar Poirot melalui jendela. Wajahnya kurus dan pucat. Sekujur tubuhnya dari ujung kaki hingga kepala penuh debu dan lumpur. Dalam kondisi setengah sadar, ia hanya berbicara : “Hercule Poirot, Farraway Street nomor 14,” yang diulang-ulang pada setiap pertanyaan yang diajukan dengan pandangan hampa. Karena harus membereskan berbagai hal berkaitan dengan rencana kepergian Poirot, keduanya meninggalkan pria ini untuk beristirahat dalam pengawasan Mrs. Pearson, pengurus kediaman Poirot.

Sebagaimana otak Poirot tak pernah berhenti berpikir di tengah kejadian aneh ini, mendadak ia memutuskan kembali pulang, dan mendapati dugaannya terbukti benar... pria asing ini ditemukan tewas. Penyelidikan singkat yang dilakukan oleh Poirot serta identifikasi yang dilakukan oleh Inspektur Japp, menegaskan pria malang itu adalah Agen Mayerling dari Dinas Rahasia, yang dikabarkan menghilang lima tahun silam saat menunaikan tugas di Rusia, berkaitan dengan kegiatan Kaum Bolshevik. Ditambah dengan sedikit informasi yang diperoleh, ketika Mayerling sempat tersadar sejenak, dan mengucapkan rangkaian kalimat yang berhubungan dengan ‘Empat Besar’.

Poirot menjelaskan misi terbarunya kepada Hastings, yaitu mengusut ‘Empat Besar’ – julukan yang diberikan kepada organisasi rahasia yang berada di belakang layar pada semua kejadian dan aktifitas kejahatan hingga propaganda dan peperangan antar negara. Tambahan informasi dari Mayerling menyebutkan bahwa ‘Empat Besar’ adalah Li Chang Yen sebagai otak penggerak serta Nomor Satu. Nomor Dua hanya dilambangkan dengan simbol ‘dolar’ dan berkebangsaan Amerika. Nomor Tiga adalah wanita berkebangsaan Prancis. Dan Nomor Empat mendapat julukan Sang Pemusnah, yang bertugas menyingkirkan siapa saja yang menghalangi kegiatan Empat Besar. Keberadaan serta jati diri mereka, tak pernah diketahui siapa pun, dan hanya segelintir yang menyadari perihal mereka, salah satunya adalah Hercule Poirot !!!

Kunjungan Hastings yang semula hanya sejenak, berubah menjadi berbulan-bulan, karena ia tak rela meninggalkan sahabatnya dalam incaran Empat Besar. Semenjak peristiwa yang terjadi di bulan Juli itu, mereka beberapa bertemu dengan orang-orang yang akhirnya bisa diduga sebagai Nomor Dua, Nomor Tiga dan Nomor Empat. Terutama sang Pemusnah yang telah (berusaha) melenyapkan nyawa Poirot, namun Malaikat Pelindung masih berada di sisi Poirot. Hingga mereka mengalihkan sasaran pada pihak lain, orang-orang yang ada di sekeliling dirinya, terutama yang sangat ia sayangi. Dimulai dari Kapten Hastings dan istrinya tercinta, yang berada nun jauh di Argentina, namun musuh mampu menemukannya....

Conclusion :
This story a little-bit different than Poirot’s cases, because is involving secret crime organization who known only by their nickname : “The Big Four” – who believe as the master behind almost big crime, political agenda that involving riot until wars, even using propaganda in the country through Communisme. As their involment are so secret, only very few people know or even can see the relation between everything that happens in the world, and one of them are Mr. Hercule Poirot.

His action to pursue investigation, even dig deeper to find and catch ‘The Big Four’ – makes them angry and then targeting him as the No. 1 Enemy to be killed. When the first investigation only reveals that all member of The Big Four is : Li Chang Yen – known as the leader and the brain, called by No. 1 ; follow by No. 2 who simbolize by “$” – means he/she are American and very rich ; then No. 3 is a woman from French ; last but quite scary is No. 4 who also known as The Destroyer – the one with the spesific duty to eliminated each person in their ways.

I really like this story, even only 200 pages, the intense from start until the end are high. Hercule Poirot who also preffered ‘stays’ at homebase, sits on the comfy cahir and using his ‘grey-cells’ to reveal any mystery, any cases, now have to running from place to place because of The Big Four. His action really makes them angry, and when they consider Poirot as the No. 1 Enemy to be Destroy, so did Hercule Poirot, who never afraid when comes fighting with evil crime and injustice. But when he face the danger not only upon his life, but also treating everyone he care and love, such as Arthur Hastings and his family, what will Hercule Poirot do ???

[ more about the author, check my post ALL ABOUT AGATHA CHRISTIE ]

This Post also include in



Best Regards,

No comments :

Post a Comment