WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Thursday, May 3, 2012

MY CHARACTER THURSDAY [ 3 ] : "Arsene Lupin"


MY CHARACTER THURSDAY HOP

Character Thursday

  • Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
  • Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
  • Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
  • Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Syarat Mengikuti :

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

MY CHARACTER THURSDAY ( 3 ) 

Gara-gara kesibukan minggu lalu, tidak sempat sama sekali urus segala postingan tentang blog hop, nah, saat ini pun aku berusaha memasukan beberapa karakter yang lumayan menarik dan unik, sangat terkenal namun anehnya hanya beberapa kalangan pembaca yang mengetahuinya. Karakter pertama yang akan kubahas minggu ini adalah : ARSENE LUPIN by Maurice LeBlanc



Arsène Lupin adalah karakter fiksi yang muncul dalam seri buku dari fiksi detektif / kejahatan fiksi novel yang ditulis oleh perancis penulis Maurice Leblanc, serta sejumlah non-kanonik sekuel dan berbagai film dan televisi, serta panggung permainan dan buku komik adaptasi. Maurice Leblanc (1864-1941) adalah pencipta karakter pria pencuri Arsene Lupin yang, di negara-negara Francophone, telah menikmati popularitas yang tahan lama.



Karakter Lupin pertama kali diperkenalkan dalam serangkaian cerita pendek di majalah serial Je Sais Tout, mulai di No 6, tanggal 15 juli 1905. Dia awalnya disebut Arsene Lopin, sampai politikus lokal dengan nama yang sama memprotes, dan mengakibatkan perubahan nama. Arsene Lupin adalah sastra turunan dari Pierre Alexis Ponson du Terrail 's Rocambole.



Ia bekerja untuk kebaikan, ketika beroperasi di sisi yang salah dari hukum. Orang-orang yang dikalahkan, dengan gaya dan karakteristik gallic Panache, adalah penjahat lebih buruk daripada dia. Lupin agak mirip dengan AJ Raffles dan sedikit mirip dengan karakter seperti The Saint. Tokoh ini telah diangkat ke layar lebar dan terakhir tahun 2004 dengan Romain Duris sebagai pemeran Lupin. 


Kepopuleran Arsene Lupin bahkan mengundang polemik dan perseteruan pembaca, siapa yang terbaik  dan siapa yang menang jika Arsene Lupin berhadapan dengan Sherlock Holmes, Pencuri Budiman no. 1 di dunia dengan Detektif Handal no. 1 di dunia. Dan sang penulis Maurice Leblanc sebagaimana pria Prancis suka berkelakar soal pria Inggris yang 'kaku' melayani gurauan dengan melibatkan karakter Sherlock Holmes dalam beberapa novelnya -melawan Arsene Lupin tentunya (^_^) 


Sebagai kisah klasik yang telah diadaptasi dalam berbagai media, mulai dari saduran berbagai versi petualangan Arsene Lupin, film layar lebar, serial televisi, hingga komik manga classic dan animasi movie, sosok Arsene Lupin bukan sekedar tokoh pahlawan seperti Robin Hood, tetapi ia lebih menyoroti kehidupan masyarakat kalangan atas yang hidup berfoya-foya, mengumpulkan berbagai harta kekayaan, koleksi seni serta perhiasan, tanpa memperhatikan dunia di sekitarnya. 


Keunikannya yang lain, Arsene Lupin suka 'menantang' bahaya, dengan memberitahu calon korban kapan tepatnya ia akan mengambil harta curiannya... dan yang membuat pihak berwajib pusing tujuh keliling, justru dengan penjagaan yang super ketat, sistem keamanan yang kokoh, sang Pencuri Budiman justru berhasil mencuri tanpa ada jejak yang tertinggal...



Jika Sherlock Holmes punya lawan tanding seperti Profesor Moriaty, maka Arsene Lupin juga memiliki beberapa lawan ( selain Sherlock Holmes tentunya )  yaitu Kepala Inspektur Guerchard yang cerdas dan selalu selangkah di belakang Lupin. Satu-satunya alasan lain mengapa sulit sekali menangkap Lupin karena ia pandai sekali menyamar, tidak hanya sekali tetapi berkali-kali ia sengaja berhadapan dengan pihak berwajib, namun mereka tak mengenali dirinya.  


Sosok Arsene Lupin ini menggelitik rasa penasaran serta ingin tahu, karena dibalik raut wajah yang senantiasa tampil elegan, rapi dan rupawan, penulis sedikit mengungkap masa lalu karakter Arsene Lupin yang terkesan kelam, apa yang membuatnya memilih jalur sebagai seorang pencuri dan  kelemahannya terhadap wanita cantik juga nyaris membuatnya tertangkap beberapa kali, dan The Gentleman Thief memiliki suatu keinginan untuk mencuri sesuatu yang tak pernah bisa ia dapatkan, rasa Cinta dari seorang wanita yang mengetahui rahasianya ... Nah, siapa tokoh dan karakter bahasanmu minggu ini ?? 

Best Regards,
* Hobby Buku * 

2 comments :

  1. Aku juga suka si Arsene Lupin, sayang terjemahannya Bukune parah deh, jadi mengurangi kenikmatannya (emang makanan??). Harusnya dibuat sebuah kompetisi antara: Arsene Lupin, Sherlock Holmes, Hercule Poirot sama Auguste Dupin, siapa yg bakal menang ya?

    ReplyDelete
  2. Mmm ... gambarannya begini, Sherlock sedang asyik berkeliling meneliti dengan kaca pembesarnya, Hercule duduk berselonjor di dalam sembari memejamkan mata, membiarkan sel abu-abu bekerja, si Lupin menatap mereka dari atas loteng sembari tersenyum dan sibuk menggeratak brankas dan Dupin lagi di halaman mengkoordinir pasukan, nah bagaimana ... hehe

    ReplyDelete