WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Wednesday, January 16, 2013

Books "RASPUTIN'S DAUGHTER"



Judul Asli : RASPUTIN’S DAUGHTER
By Robert Alexander
Copyright © 2006, R.D. Zimmerman
Penerbit Serambi Ilmu Semesta
Alih Bahasa : Rahmani Astuti
Editor : Dian Pranasari & M. Sidik Nugraha
Cetakan I : Desember 2012 ; 404 hlm
[ Review in Indonesia and English ]

Nama Rasputin dikenal sangat erat kaitannya dengan kehidupan penguasa Kerajaan Rusia terakhir : Tsar Nicholas II yang mengalami nasib tragis, dieksekusi sekeluarga pada tanggal 16 Juli 1918. Berbagai kisah dan versi selalu menggambarkan diri Rasputin sebagai penyebab kejatuhan Imperium Rusia, dan ia juga yang berada di balik kematian keturunan terakhir keluarga Romanov, hingga legenda Putri Anastasia yang selamat dari pembantaian turut mewarnai kisah-kisah keluarga kerajaan Rusia ini. Namun dalam kisah berikut, pembaca akan dibawa menelusuri kehidupan Rasputin sebagai manusia biasa, melalui penuturan sang putri yang selamat dan melarikan diri dari Rusia, sebuah fiksi dengan latar belakang sejarah yang terekam dalam catatan Seksi Ketigabelas, akan memukau sekaligus membuat kita tercengang, dan bertanya-tanya, seberapa besar keakuratan sejarah dari kisah berikut.

Kisah dibuka dengan penangkapan Matryona Grigorevna Rasputina atau lebih dikenal dengan Maria – putri sulung Rasputin yang berusia 18 tahun pada bulan April 1917. Penangkapan dirinya atas perintah Seksi Ketigabelas yang memiliki mandat menangkap serta menghukum para pengikut Rasputin setelah pembunuhan beliau. Sang interogator ternyata Aleksander Aleksandrovich Blok – pujangga dan penyair Rusia yang ternama setelah Aleksander Pushkin, sosok yang pernah menjadi pujaan Maria dalam melewati masa-masa kecilnya di desa, dan kini ia duduk sebagai lawan, mencari tahu kebenaran dari tragedi yang menimbulkan kerusuhan serta perubahan besar di Rusia. Maka melalui penuturan Maria, kita akan dibawa ke masa silam, mengenal lebih dekat siapa sebenarnya Rasputin.

[ source ]
Rasputin adalah seorang petani biasa dari Siberia, namun ia memiliki ‘kemampuan’ untuk menyembuhkan dan memulihkan kondisi makhluk hidup yang menderita. Kemampuan ini diduga merupakan warisan sebagai keturunan ‘shaman’ atau para penyembuh pada beberapa abad lampau. Meski Rasputin tidak memiliki kekuatan sebesar para ‘shaman’ ia cukup menarik perhatian berbagai kalangan yang ditolongnya. Entah bagaimana awal mula perkenalan Rasputin dengan keluarga Kerajaan, yang jelas kehidupannya berubah 180 derajat. Dari petani miskin dan buta huruf, kini Rasputin tinggal di rumah mewah di kota, dekat dengan kerajaan sehingga sewaktu-waktu ia dapat dipanggil menghadap Tsarina Alexandra. Kedekatan dirinya dengan sang Ratu membuat dirinya dimusuhi banyak pihak, terutama karena ia mampu menguasai pemikiran dan benak Tsarina yang tentunya mampu memberikan saran dan masukan pada Tsar Nicholas II.

Seandainya Rasputin mau mengikuti aturan dan adat-istiadat keluarga Romanov dan pada Grand Duke, kemungkinan dirinya tak akan dimusuhi sedemikian kuat. Namun ia tetap bersikukuh dengan perilakunya yang kasar, jorok, tak tahu aturan, blak-blakan dan ditambah kegemarannya main-perempuan. Rasputin bukannya sosok yang tampan, cerdas, menawan atau menarik. Tapi beliau memiliki kekuatan magis yang mampu menarik para pengikut yang jumlahnya sangat banyak. Bahkan para wanita dari segala kalangan, termasuk bangsawan, terpikat oleh dirinya, tak segan-segan melakukan apa saja permintaan beliau, termasuk hal-hal yang cukup aneh seperti berhubungan badan demi mendapatkan ‘pencerahan’ atas jiwanya. Perilaku seperti inilah yang dijadikan alasan bahwa Rasputin tak lebih dari penipu berkedok makhluk titisan Tuhan. Bahkan Maria yang akhirnya mengetahui berbagai rahasia perilaku ayahnya, juga meragukan keberadaan sang ayah yang dijuluki makhluk suci di kalangan masyarakat Rusia.

~ Grigori Rasputin ~ [ source ]
Terlepas dari kebenaran dari sejarah sebenarnya, kisah ini sangat menarik karena penggambaran intrik dalam keluarga Kerajaan sendiri, adanya kubu-kubu yang berbeda, permainan dan manipulasi yang selalu menyertai kehidupan para bangsawan, kemudian muncul sosok Rasputin yang menjadi sahabat dekat sang Ratu – pria buruk dan sama sekali tidak terhormat, dan dari kalangan rakyat jelata. Bagi sebagian besar masyarakat miskin Rusia, Rasputin adalah sosok pahlawan serta harapan bagi masa depan yang lebih baik. Bagi sebagian besar kalangan atas, ia merupakan ‘penyelamat’ dengan kemampuannya serta keberaniannya mengemukakan pendapat. Dan bagi sebagian lainnya, pria aneh yang semula dianggap merupakan lelucon belaka, perlahan menjadi musuh bagi kenyamanan mereka, terutama yang menangguk kekayaan serta harta tanpa memperdulikan rakyat yang semakin miskin dan menderita.

Robert Alexander bukan sekedar menyajikan sejarah tetapi menuliskan kisah perjalanan seorang pria, dengan keluguan dan kepolosan pikiran, hendak memulihkan dunia disekelilingnya, namun terjerat dalam dosa manusia, akan hasrat dan nafsu serta keserakahan. Meski pada akhirnya ia menyadari kesalahannya, semuanya sudah terlambat. Jika Rasputin memang memiliki ‘kemampuan’ sebagai berkat dan karunia Tuhan, ia berusaha menjalankan talenta-nya, sayangnya ia juga terjebak dalam keinginan-keinginan badani yang mengalahkan niat sucinya. Melalui penuturan pihak ketiga, sang putri yang mengetahui segala intrik kotor serta jatuh-bangun juga kebangkitan ayahnya, kisah ini tercatat dan dibungkam dari mata publik hingga bertahun-tahun kemudian. Semuanya demi politik dan permainan kekuasaan, atas nama kemuliaan dan kebaikan, namun pada prakteknya hanya segelintir yang terwujudkan.  

My Random Though :
~ The Last Romanov Dynasty ~ [ source ]
I never sees or even knowing so much about Rasputin beside the story behind the tragedy on the assasination of Tsar Nicholas II’s family. Many stories written and told about how Rasputin change the way Tsar and Tsarina sees the common people of Russian. Some of them believe that Rasputin’s act ‘cause the falling of Romanov Empire, but some of them believe the others side – that Rasputin trying to save the empire by giving information and ‘foretold’ (he had ability to influence Tsarina Alexandra and his though mostly accepted as prophecy or good wisdom) to help commoner so the rebellion would not destroy the government. Aside the true history, there’s so many facts are against each others. One thing for sure, Rasputin’s act until his death are use as a political agenda by several people.

As far as this novel goes, I quite enjoying the fiction that blended with several history written in documents. I think the author done pretty good job on the research, but don’t trust the whole stories as the true accident. Rasputin still a great mystery for me after finished reading it. But the author didn’t ask the reader to search the detail on history, he just give another point of view about Rasputin as a father figure and holy-man’s figure in the eyes of his daughter. No matter how hard I’m trying to figure out : it’s Rasputin true have a magical power to heals people or he just a great imposter ? It’s he trully a religius man or simply just an act to influence a lot of followers ? It’s he really want to help Tsar and Tsarina or only used them to gets a better life of his own ? You will not gets straight answers on this stories, so you will accept the condition just like his daughter, except what he are with all the good and bad side too.

Tentang Penulis :
[ source ]
Robert Alexander, telah menghabiskan waktu lebih dari 30 tahun belajar di Leningrad State University, hingga bekerja untuk pemerintah Amerika Serikat di negara bekas Uni Soviet. Semenjak tahun 1990, beliau menjadi rekanan di perusahaan yang bertempat di St. Petersburg, menjalankan usaha persewaan gudang dan pusat ijin bea cukai, klinik gigi, serta Barabu – sebuah waralaba warung kopi. Lahir dan besar di Chicago, kini ia tinggal di Minneapolis.   

[ more about the author, book, adaptation and related topics, check on here : Robert Alexander's Site | Grigori Rasputin | Maria Rasputin | Movies 1996  ]
Best Regards,

No comments :

Post a Comment