WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Monday, June 10, 2013

Books "PIRATE LATITUDES"

Books “Sang Perompak”
Judul Asli : PIRATE LATITUDES
Copyright © 2009 by Michael Crichton
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Fahmy Yamani
Editor : Rini Nurul Badariah
Cover by Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Maret 2013 ; 456 hlm

[ Period : September-Oktober 1665 ] ~ [ Setting : Port Royal, Jamaika Island, Caribbean Sea ] ~ [ Facts : Treasure Hunt on El Trinidad - Spanish Galleon ]

Kisah dibuka ketika Gubernur Jamaika yang ditunjuk oleh His Majesty Charles II, Sir James Almont memulai aktifitasnya pada tanggal 7 September 1665, menerima kedatangan Mr. Robert Hacklett – sekretaris barunya, yang datang bersama istrinya dengan kapal dagang Godspeed dari Bristol, Inggris. Kedatangan kapal ini juga membawa sebuah kabar yang dianggap sepele namun memberikan sebuah informasi khusus bagi Sir James, yang membawanya pada sebuah keputusan untuk memanggil Kapten Charles Hunter, guna menjalankan misi rahasia.



Inggris di bawah pimpinan Charles II berusaha meluaskan kekuasaan di wilayah luar, salah satunya Jamaika yang berpusat di Port Royal. Berbagai kepulauan di kawasan Lautan Karibia itu masih banyak yang belum terjamah dan dianggap liar, dan bisa dipastikan masing-masing memiliki potensi tersendiri. Namun pihak Inggris juga menjaga hubungan dengan Spanyol yang menguasai bagian lain dari wilayah tersebut. Perebutan kekuasaan serta kekayaan terutama di laut bebas sangat dilarang apalagi jika menimbulkan peperangan. Namun Sir James yang telah menetap dan memahami kondisi sepanjang kehidupan di peraiaran tersebut, dengan cerdik menyusun rencana untuk menangguk kekayaan tak ternilai secara diam-diam.

Dengan adanya ‘info’ tentang keberadaan kapal Spanyol atau yang dikenal sebagai galleon (kapal layar Spanyol pada abad 15 – 17) yang mengangkut harta karun di sekitar pesisir Lautan Karibia, muncul ide untuk mengirim kapal perompak guna merampas kapal tersebut. Kapal perompak ini harus bekerja secara diam-diam demi kepentingan politik agar tidak memicu perang langsung antara Inggris dan Spanyol. Dan pemimpin terpilih adalah Kapten Hunter yang terkenal bukan saja kecerdikan serta kelicikannya dalam melakukan berbagai misi, ia juga selalu berhasil dalam menghadapi berbagai kesulitan di lautan dan medan yang berat.

[ source
Spanyol di bawah pimpinan Philip guna meluaskan kekuasaan sekaligus mengumpulkan berbagai kekayaan hasil taklukan dan upeti dari berbagai wilayah taklukan, telah membangun markas berupa pos pertahanan luar yang sangat tangguh di Matanceros di bawah komando Cazalla yang sangat terkenal dan ditakuti karena kekejamannya sepanjang Samudra Hindia. Tiada satu pun armada yang berhasil menembus pertahanan Matanceros, bukan saja karena pasukan keamanan yang siap siaga dan sangat kuat, tetapi juga medan dan lokasinya yang sangat sulit untuk dimasuki. Dan disanalah misi Kapten Hunter akan dimulai, karena galleon yang hendak direbut berlabuh di pangkalan tersebut.

Jika Anda penggemar kisah petualangan ala Pirate of Carribean maka kisah ini akan memberikan sajian yang cukup menarik berupa adegan aksi serta laga yang seru dan  menegangkan. Disertai intrik serta konflik seputar perebutan kekuasaan dan harta karun yang terjadi bukan hanya antara pihak Spanyol dan Inggris, namun juga perseteruan di dalam badan pemerintah Inggris sendiri, perpaduan antara keserakahan dan dendam kesumat, pengkhianatan dan pembantaian, dengan bumbu adegan seksual dan ekspoitasi perdagangan manusia, serta unsur religius melawan kepercayaan masyarakat setempat, membuat diriku melahap kisah sepanjang 400 halaman ini dengan sangat cepat. Sekali lagi sang maestro Michael Crichton mampu memukau para penggemarnya dengan topik yang tak kalah menarik.

[ source ]
Tentang Penulis :
John Michael Crichton ( 23 Oktober 1942 – 4 November 2008 ) asal Amerika, adalah salah satu penulis bestseller dunia, produser serta penulis naskah film, dengan kisah-kisah bertemakan science fiction, medical thriller, dan thriller suspence. Novel-novelnya telah terjual lebih dari 200 juta kopi di penjuru dunia dan hampir sebagian besar telah diadaptasi ke film layar lebar maupun televisi. Bahkan sepanjang tahun 1994, beliau merupakan sosok multi-talent dengan ide-ide kreatif serta brillian yang menghasilkan karya-karya di bidang seni film, drama, televisi serta penulisan buku yang  semuanya menempati posisi No. 1 di kalangan penggemar sekaligus penjualan.

Beliau adalah sosok yang dikenal sebagai workaholic dan selalu siap dengan ide baru untuk membuat kisah-kisah yang menarik. Selain berperan aktif dalam penulisan naskah film adaptasi dari novel-novelnya, beliau juga menyutradarai beberapa film layar lebar seperti Coma, Westworld, Twister dan The First Great Train Robbery. Demikian juga serial televisi yang masuk dalam rating tertinggi yaitu : E.R. yang berlatar belakang seluk-beluk dunia kesehatan. Novel-novelnya yang masuk jajaran bestseller selama bertahun-tahun, diantaranya : The Andromeda Strain, Jurrasic Park, Congo, Travels, Sphere, Rising Sun, Disclosure, The Lost World, Airframe, Timeline, Prey, State of Fear, Next, Pirate Latitude, dan Micro (yang tidak sempat diselesaikan setelah kematian beliau akibat kanker tenggorokan, dan penulis Richard Preston dipilih untuk menyelesaikan karya terakhir beliau).

~ Soon, the movie adaptations produce by Steven Spielberg ~ [ source ]
[ more about the author, books, adaptations and related works, just check on here : Michael Crichton’s Site | on Goodreadson Wikipedia | on IMDb ]


Best Regards,

No comments :

Post a Comment