WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Thursday, March 15, 2012

Books "NUMBER THE STARS"


Judul Asli : NUMBER THE STARS
Copyright © 1989 by Lois Lowry
Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta
Alih Bahasa : Daisy Mansoor Subakti
Editor : Sofia Mansoor & Siti Qomariyah
Cover by Irawan Prasetyadi
Cetakan ke-01 : September 2005 , 212 hlm

" Seberapa beranikah engkau, Annemarie kecil? " , Paman Hendrik bertanya kepada keponakannya yang berusia sepuluh tahun.

Saat itu tahun 1943, Annemarie Johnsen – walau baru berusia 10 tahun, namun ia telah mengetahui perbedaan yang sangat penting telah memasuki kehidupannya di Kopenhagen, Denmark. Ia menjalani hidupnya yang menyenangkan dengan ayah & ibu serta adiknya Kirsti. Namun sejak tentara Nazi menduduki Denmark serta berpatroli berkeliaran di sekeliling kota, bukan hanya masalah kekurangan makanan saja yang dirasakan, bahkan kebebasan bermain & berlomba lari dengan sahabatnya Ellen juga menjadi kegiatan yang berbahaya dan mereka harus selalu berjalan memutar menghindari patroli dalam perjalanan rumah-sekolah-rumah.

Walau tidak begitu memahami larangan & peringatan orang tuanya, Annemarie dapat merasakan bahaya yang semakin mendekat. Berawal dari ditutupnya toko kancing milik tetangga mereka dengan segel bertanda swastika – maka pada suatu malam ia  dikejutkan dengan kehadiran sahabatnya Ellen Rosen yang disembunyikan sementara kedua orang tuanya bersembunyi di tempat lain. Hal itu dimulai sejak malam kedatangan Peter, tunangan kakaknya Lise, yang membawa berita bahwa pasukan Jerman memulai kampanye "pemindahan" semua orang Denmark keturunan Yahudi – ini berarti termasuk keluarga Rosen.

Maka sejak saat itu keberanian Annemarie untuk membela kebenaran ditantang, mulai dari malam hari saat rumahnya digedor tentara Nazi, mengejar keluarga Rosen yang telah melarikan diri meninggalkan Ellen dalam perlindungan keluarga Johansen yang bersatu menyelamatkan sahabat mereka – bahkan sampai mereka, ibu Johansen membawa Kirsti, Annemarie & Ellen untuk "berkunjung" ke tempat paman Hendrik, adik ibunya demi keselamatan nyawa mereka. Meski serasa pergi berlibur, namun Annemarie menyadari beberapa fakta aneh yang disembunyikan ibu & pamannya. Sampai pada suatu hari saat datang rombongan asing yang hendak melayat & berdoa untuk pemakaman kerabatnya 'Eyang Bibi Birte' (yang anehnya tidak pernah dikenalnya). Dan si kecil Annemarie terlibat dalam usaha penyelamatan orang-orang Yahudi yang melarikan diri dari Denmark menyeberang ke Swedia.

Ia menjumpai kenyataan bahwa usaha tersebut dipimpin oleh Peter yang dikasihinya (terutama sejak meninggalnya Lise kakaknya tercinta pada usia 18 tahun, 2 minggu sebelum hari pernikahannya) bekerjasama dengan paman Hendrik, mama & papanya serta orang-orang lain, walaupun ketakutan namun Annemarie senantiasa teringat akan kisah yang diceritakan oleh ayahnya saat ia masih berusia 7 tahun. Saat tentara Jerman mulai memasuki Denmark, Raja Christian X, penguasa Denmark yang senantiasa mencintai rakyatnya selalu keluar dari istana pada pagi hari berkuda seorang diri menyapa penduduk yang juga mencintainya. Suatu hari seperti biasa pada pagi hari saat Raja Christian melakukan rutinitasnya, salah seorang tentara Jerman bertanya kepada seorang pemuda di dekatnya. 
"Siapa orang yang lewat di sini setiap pagi menunggang kudanya?" tanya tentara Jerman.
"Ia raja kami – Ia adalah Raja Denmark", pemuda itu menjawab.
"Dimana penjaganya?", tanya tentara Jerman.
Pemuda itu menatap pada tentara Jerman & menjawab, "Semua rakyat Denmark adalah penjaganya."

Maka sebagaimana seluruh rakyat Denmark bersedia mati demi melindungi Raja Christian yang  mereka cintai, seperti juga Raja Christian yang bersedia menyerah tanpa syarat terhadap invasi Jerman demi melindungi nyawa rakyat yang dicintainya, demikian juga Annemarie kecil sanggup menjalankan misi berbahaya dalam menyelamatkan nyawa orang-orang tak bersalah, nyawa orang-orang yang dikasihinya.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
" Buku pemenang Newbery Medal ini berkisah tentang keberanian Annemarie yang baru berusia 10 tahun saat diuji dalam membela kebenaran & kejujuran akan harkat serta martabat manusia, sekalipun berhadapan langsung dengan terror & kekejaman perang. Ini adalah salah satu kisah pendek yang sangat menyentuh karya Lois Lowry yang terkenal dengan karyanya sosok Anastasia Krupnik, gadis cilik pembela kebenaran. "

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Best Regards, 
* HobbyBuku * 

No comments :

Post a Comment