WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Wednesday, May 22, 2013

Books "LIGHT ON LUCREZIA"


Judul Asli : THE BORGIAS : LIGHT ON LUCREZIA
[ book 2 of THE BORGIAS Series ]
Copyright © 1958, 1974 by Jean Plaidy
Copyright renewed © 1986 by Jean Plaidy
Penerbit : Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Eka Budiarti
Cetakan I : April 2013 ; 648 hlm

Lucrezia of Borgia – yang terkenal akan kecantikannya, sekaligus sejarah mengerikan berkaitan dengan kehidupan pribadinya karena ia merupakan anggota keluarga Borgia yang menguasai dunia politik Eropa pada abad ke Ayah kandung adalah Roderigo Borgia yang juga dikenal sebagai Paus Alexander VI – pria ambisius yang menginginkan Italia berada di dalam kekuasaan kaum Borgia yang berasal dari Spanyol. Roderigo bukan saja memiliki ambisi serta otak yang brilian, ia juga dikenal sebagai pria yang tak pernah terpuaskan dalam selera seksual, hingga menjelang akhir hayatnya di usia di atas 80 tahun, ia telah memiliki ratusan gundik serta anak haram yang digunakan sebagai ‘alat’ untuk memperkuat kekuasaannya.



Dari sekian banyak keturunan Roderigo yang paling menonjol adalah Cesare Borgia – yang memiliki insting serta kegemaraan akan siksaan dan perlakuan brutal sehubungan dengan siapa saja. Cesare bukan putra kesayangan Roderigo, namun dengan licik ia menghabisi siapa saja yang menghalangi jalan menuju kekuasaan. Dimulai dengan pembunuhan saudara kandung sekaligus rival utama : Giovanni Borgia, dan sekaligus melenyapkan kekasih Lucrezia dan mengusir suami pertama Lucrezia, Giavanni Sforza. Lucrezia yang patah hati namun tak mampu melenyapkan rasa kasihnya terhadap ayah serta saudara kandung yang telah menyingkirkan siapa saja yang berhasil menarik perhatian Lucrezia. Demi agenda politik, Lucrezia kembali dinikahkan dengan Alfonso of Aragon – saudara Sanchia, gadis sensual yang dinikahkan dengan Goffredo Borgia, namun menjadi simpanan Cesare serta sang Paus. Alfonso merupakan pemuda tampan yang tidak memiliki ambisi tinggi. Pada awalnya rasa takut akan bayangan kelam yang membayangi dirinya, mengingat sejarah semua pasangan Lucrezia yang lenyap dibunuh, namun ketika ia berhadapan muka dengan Lucrezia, ia jatuh hati dan bayangan buruk tentang wanita itu terhapuskan.

Pasangan pengantin baru Alfonso dan Lucrezia menikmati kebersamaan yang mampu melenyapkan rasa takut dan khawatir, terutama karena Cesare berada di Perancis menjalankan misi dari Sri Paus. Namun ketentraman dan kenyamanan itu tak berlangsung lama. Ambisi Paus untuk menambaha kekayaan serta kekuasaannya, membuatnya meraih kerjasama dengan pihak-pihak tertentu yang mengakibatkan rasa was-was pada diri setiap penguasa tinggi maupu rendahan. Karena siapa yang merupakan aliansi Paus Alexander VI akan menerima kemudahan serta fasilitas tertentu sedangkan pihak-pihak yang berlawanan maupun bersikap netral, bagai duduk di atas bara menyala, menanti dengan was-was kapan pasukan Cesare yang tersohor mengerikan akan menyerang wilayah mereka. Di lain pihak, Lucrezia yang akhirnya mengetahui bahwa dalang di semua kejadian yang menipa orang-orang yang mengasihinya adalah tidak lain Cesare dan ayahnya, kini memiliki keberanian untuk mempertahankan kebahagiannya. Terutama setelah ia hamil dan melahirkan bayi dari Alfonso.

Sayangnya keberadaan Alfonso kemudian dianggap sebagai pengganggu, terutama setelah ia mampu mengajak Lucrezia untuk tinggal di luar Roma, jauh dari ayah dan saudaranya, Cesare. Peristiwa pembunuhan Alfonso sangat mengguncang Lucrezia, terutama karena ia telah berjuang bersama Sachia untuk melindungi Alfonso. Maka wanita yang putus asa ini mencari jalan keluar agar ia lepas dari cengkeraman keluarga Borgia – yaitu dengan menerima lamaran dari keluarga Duke of Ferrara – salah satu aliansi terkuat dengan kerajaan Perancis. Uniknya sang Duke menolak keinginan Sri Paus dan merasa terhina karena keluarganya merupakan keturunan bangsawan sedangkan keluarga Borgia yang berkuasa tidak lain hanya anak haram sang Paus. Dimulai dari penolakan lamaran Cesare of Borgia yang hendak memperistri Lady Carlotta – salah satu putri Ferrara, maka Paus mengincar putra sulung sang Duke untuk dipasangkan dengan Lucrezia.

Lucrezia yang mencari jalan keluar untuk melarikan diri dari Cesare yang semakin menakutkan dengan obsesinya yang tak wajar terhadap Lucrezia, tak menyadari bahwa keluarga Ferrara yang hendak ia masuki juga memiliki masalah serupa, konflik serta perebutan kekuasaan antar saudara, yang melibatkan penyiksaan yang tak kalah mengerikan. Jika sebelumnya Alfonso of Aragon merupakan pria lembut yang penuh kasih terhadap dirinya, maka suaminya kini Alfonso of Ferrara merupakan pria yang kasar dan tak pernah peduli dengan keberadaan Lucrezia. Alfonso – putra pertama Duke of Ferrara memilih bergaul dengan kaum rendahan dan menyukai wanita-wanita montok dan berisi dari kalangan bawah, daripada wanita langsing, lembut dan anggun dari kalangan bangsawan. Tiada hubungan khusus antara keduanya, hanya kontak fisik yang brutal serta liar guna mendapatkan keturunan.

~ Lucrezia & Cesare ( White & Black ) ~ [ source
Lucrezia telah menerima segala hal baru dalam kehidupannya, namun bayang-bayang kelam tetap menghantui dirinya. Musuh senantiasa mengintai, mencari kelemahannya untuk digunakan sebagai alat melawan Paus Alexander dan Cesare of Borgia. Meski ia berusaha untuk tidak terlibat dalam konflik serta berbagai peristiwa mengerikan yang membuat banyak pihak membenci keluarga Borgia, Lucrezia tak dapat menghilangkan noda gelap yang menandai kehidupannya. Sebuah kisah sejarah yang cukup menakjubkan tentang perebutan kekuasaan, rasa iri, dengki, dendam, mewarnai sepanjang kisah ini. Berbeda dengan sebagian besar tanggapan yang menggambarkan Lucrezia sebagai salah satu pemeran pembantu dalam dunia politik kotor keluarga Borgia, sang penulis menyajikan sisi lain dari sosok Lucrezia, sebagai wanita yang polos dan tak memiliki pikiran negatif, namun terbelit akan obsesi yang dikatakan sebagai rasa-cinta-kasih pada keluarganya. Namun pada akhirnya, ia mampu melihat kenyataan pahit yang selama ini disoroti oleh pihak luar terkait dengan ‘hubungan-aneh’ dan bisa dianggap ‘incest’ dalam keluarga Borgia. Sayangnya, ia tak memiliki keberanian untuk sepenuhnya keluar dari cengkeraman keluarganya.

[ more about the author and her related works, check on here : Jean Plaidy | Lucrezia Borgia | House of Borgia | Movies Adaptation (2011) ]

 Best Regards,

No comments :

Post a Comment