WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Tuesday, December 31, 2013

Books "4.50 FROM PADDINGTON"

Books “KERETA 4.50 DARI PADDINGTON”
Judul Asli : 4.50 FROM PADDINGTON
[ book 8 of Miss Marple Series ]
Copyright © Agatha Christie Mallowan 1957
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Lily Wibisono
Desain Sampul : Dwi Koendoro
Cetakan V : November 2002 ; 368 hlm ; ISBN 978-979-403-155-1
Rate : 4.5 of 5
~ Conclusion (at the bottom post) in English ~

Elspeth McGilicuddy sedang dalam perjalana pulang ke St. Mary Mead setelah melakukan ritual belanja Natal dan menumpang kereta 4.50, ketika tanpa sengaja ia melihat ‘sesuatu’ saat kereta yang ia tumpangi berpapasan dengan kereta lain menuju Paddington. Ia melihat melalui jendela kereta yang menunjukan seorang wanita ‘sekarat’ akibat dicekik seorang pria yang hanya tampak bagian belakangnya. Kejadian itu berlangsung cukup cepat dan cukup jelas bagi dirinya. Namun ketika Mrs. McGilicuddy melaporkan hal tersebut pada petugas kereta api hingga kepolisian, tak satu pun mempercayai laporannya. Hanya satu orang yang percaya bahwa wanita ini tidak sedang dalam kondisi berhalusinasi, sahabatnya Jane Marple.


Namun bagaimana membuktikan hal tersebut ? Terutama ketika penyelidikan awal yang Miss Marple lakukan, tak menunjukkan adanya laporan ditemukannya mayat wanita sepanjang jalur kereta 4.50 menuju Paddington. Laporan kehilang juga tak membuahkan hasil. Maka Jane Marple harus mengambil tindakan selanjutnya. Ia berangkat melakukan napak-tilas dengan kereta 4.50 hingga menemukan lokasi yang dimana kemungkinan terbesar mayat tersebut akan ditemukan. Permasalah kedua, ia tak mungkin terjun langsung ke lapangan, maka ia mengutus ‘perwakilan’ yang bisa dipercaya untuk menjadi petugas lapangan sekaligus mata dan telinga, menemukan mayat wanita itu sebagai bukti telah terjadi kejahatan mengerikan. 

Lucy Eyelesbarrow – wanita cerdas dan brilian, bisa memiliki karir di bidang akademis dengan cemerlang, tetapi justru memilih pekerjaan yang mengejutkan setiap kenalannya, dengan bertugas sebagai pengatur rumah tangga profesional karena menyukai tantangan berkaitan dengan hubungan dengan manusia. Kini namanya dikenal oleh setiap rumah tangga kalangan atas yang membutuhkan bantuannya. Berkat keahliannya, kondisi keuangan Lucy mampu membuatnya menjalani pekerjaan sesuka hati, hanya memilih ‘klien’ yang disukai dan tidak pernah dalam jangka waktu lama, karena dirinya mudah bosan dengan rutinitas tanpa tantangan.

Miss Marple bukanlah wanita yang mampu membayar jasanya, namun Lucy sangat menyukai wanita tua yang dianggap memiliki ‘kelebihan’ tersendiri. Dan ia bersedia menjawab tantangan untuk menemukan mayat di kawasan Branckhampton. Lucy mengatur rencana untuk bisa diterima sebagai pelayan di Rutherford Hall milik keluarga Crackenthorpe – salah satu keluarga terhormat dari kalangan atas yang masih bertahan setelah peperangan. Lucy mendapati selain tantangan misi dari Miss Marple, keluarga Crackenthorpe merupakan hal menarik yang harus ia hadapi.

Mulai dari sang pemilik, sosok tua bangka, eksentrik dan sangat pelit, dan manipulatif. Emma Crackenthorpe – satu-satunya putri yang masih tinggal bersama ayahnya, kemudian menantu serta cucu Crackenthorpe yang menghabiskan liburan di kediaman tersebut. Dengan cerdas dan penuh tekad, Lucy menjalankan misinya, dan akhirnya ia berhasil : sosok mayat wanita tak dikenal ditemukan dalam sarkofogus yang berada dalam timbunan gudang barang di kediaman keluarga ini. Kegemparan melanda lingkungan sekitar, terutama guncangan bagi keluarga Crackenthorpe. Putra-putra yang selama ini tinggal dan bepergian, satu demi satu muncul. Cedric sang seniman yang suka berbuat seenaknya. Harold sang pengusaha yang tinggal di London dan Alfred yang merupakan kambing hitam keluarga.

Di saat suasana memanas akibat penyelidikan resmi yang dibuka oleh pihak kepolisian, Lucy tahu bahwa tugasnya sudah usai, namun daya tarik tersendiri membuatnya tetap tinggal untuk menyelidiki kasus ini hingga tuntas. Apalagi setelah ia menganal anggota keluarga Crackenthorpe secara lebih dekat, sesuatu ‘menahan’ dirinya untuk langsung meninggalkan mereka begitu saja. Miss Marple tahu ia tak mungkin mencegah keinginan Lucy, maka sembari mengatur pengawasan dari jarak jauh bersama Mrs. McGilicuddy, ia meminta ‘bantuan’ pihak yang mampu terjun langsung ke lapangan, untuk mengawasi dan menjaga keselamatan Lucy. Ketika pihak kepolisian setempat mengalami jalan buntu untuk menemukan siapa sebenarnya mayat yang ditemukan itu, bantuan dari New Scotland Yard datang. Inspektur Dermott Craddock yang terkenal, datang menunaikan tugasnya, sekaligus menjawab panggilan Miss Marple !!!

Conclusion :
Ok, this is one of my favorite story on Jane Marple series. Not only when this crime starting with strange situation, but also most of the characters in this story, where each on them got interesting personalities (not the mention hidden agenda on their sleves). Start with the appearing Lucy Eyelesbarrow (what a unique name, with unique personality too), I just like her instantly ... then the Crackenthorpe families, that so mixed-up, strange, disturb, weird, and so hillarious at the same time, specially when they interacted with Lucy.

Then added with Dermott Craddock, just like when he first acquantes with Miss Marple, I like him so much, it’s like meet a hero that you can call anytimes troubles coming (^_^) ... The collaboration of duo Craddock and Lucy, actually gave me some hope that somehow they both can be together as couple, ‘cause they so perfect and matching each others (on their appearances and briliant-mind). Well, did my expectation on ‘romances’ finnaly come true in this story ? I cannot reveal that without spoiling the detail nor the answers of the whole story. But I can say this, it’s the most entertaining story (so far) I ever read on Miss Marple’s series (^0^)

[ more about the author, check my post ALL ABOUT AGATHA CHRISTIE ]

This Post also include in


Best Regards,

Hobby Buku  

2 comments :

  1. This one is on my list to read in 2014.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohoho...you'll like it, is so intense and hillarious at the same time :D

      Delete