WELCOME

For everyone who love classical stories
from many centuries until millenium
with some great story-teller around the world
these is just some compilation of epic-stories
that I've read and loved so many times
... an everlasting stories and memories ...

Translate

Tuesday, December 31, 2013

Books "THE MOVING FINGER"

Books “PENA BERACUN”
Judul Asli : THE MOVING FINGER
[ book 4 of Miss Marple Series ]
Copyright © Agatha Christie Mallowan 1943
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Ny. Suwarni A.S.
Desain Sampul : Dwi Koendoro
Cetakan V : September 2002 ; 296 hlm ; ISBN 978-979-4030119-3
~ Conclusion (at the bottom post) in English ~

Lymstock adalah sebuah kota kecil di wilayah Inggris, peninggalan dari abad pertengahan kala pernah menjadi pusat kehidupan masyarakat. Kini, berabad-abad kemudian, yang tertinggal hanyalah sebuah kota kecil dengan penduduk lama yang mayoritas tak mampu mempertahankan kehidupan dari segi ekonomi. Di sini pula Jerry dan Joanna memilih pindah dari London, tinggal di Little Furze milik keluarga Barton, dalam rangka pemulihan kondisi Jerry yang terluka saat menunaikan tugas sebagai pilot. Dua kakak beradik ini mencari ketenangan dan kenyamanan kehidupan pedesaan, namun justru mendapati bahwa di pedesaan yang terpencil, kejahatan tetap bisa terjadi.


Dimulai dengan kiriman ‘surat-kaleng’ yang keji pada mereka. Kemudian, didapati bahwa hal itu telah berjalan beberapa lama, dan beberapa penduduk juga mengakui menerima surat serupa. Tak bisa diketahui siapa gerangan pelakunya, dan ketenangan serta kedamaian mulai terusik kala satu sama lain saling mencurigai dan mengarahkan kebencian pada orang-orang tertentu. Dampaknya semakin parah ketika salah satu korban ‘surat-kaleng’ memilih melakukan bunuh diri karena putus asa. Jerry dan Joana sebagai pendatang baru, mampu melihat peristiwa ini sebagai kejanggalan yang lebih mengerikan dari sekedar ‘surat-kaleng’.

Dan tampaknya, ada pula pihak-pihak tertentu yang tidak begitu picik pemikirannya, melihat situasi tersebut sebagaimana pandangan Jerry dan Joanna. Ini adalah sebuah kejahatan yang direncanakan dengan keji dan kepala dingin. Nuansa misteri yang menyelubungi kehidupan para penduduknya, lebih diakibatkan karena sang pelaku bukan saja tak tertangkap, namun ia bersiap-siap melakukan langkah selanjutnya. Sebelum kembali jatuh korban baru, seseorang memanggil bala bantuan untuk menuntaskan kasus ini. Maka Miss Jane Marple datang untuk menangkap sang pelaku !!

Conclusion :
This kind story really reminds me on how people can be such hipocrite and coward, attaching others by rumors and spreading gossip, or writing ‘spitefull letters’ ... indeed such a horrible things to do. But on this case, the author leads us to something else. Behind those hideous crime, there is a reason to hurt someonelse, or killing another person and hiding behind something that seems like ‘less-crime’ than murder.

Through our protagonis characters, Jerry and Joana, we will saw (read) what becoming simple act of less-crime, are the root of evil-works. And Miss Marple appearances, gave solid prove that this is a crime that planned cleverly by cold-blooded killer, only to achieve what becoming the main purpose ... and this person, did not care on someone else no matter what. It’s what seems like childish game, but soon we will realize it’s a danger game of life.

[ more about the author, check my post ALL ABOUT AGATHA CHRISTIE ]

This Post also include in



Best Regards,

Hobby Buku  

No comments :

Post a Comment